Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020/2021 di Jawa Barat : WEBID1

Tentang PPDB Tingkat SMA  /SMK   Jawa Barat

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan PPDB Jawa Barat atau penerimaan mahasiswa baru,  karena banyak mahasiswa atau mahasiswi di akhir semester ganda yang perlu mempersiapkan diri untuk rapat PPDB. Selama masa penerimaan mahasiswa baru, tentunya harus penuh perhatian.

Banyak mahasiswa menghadapi dilema mengenai sekolah pilihan mereka atau jika mereka memasuki kampus, masalahnya tidak hanya di kampus tetapi juga di jurusan pilihan mereka. Selain itu, pilihan sekolah akan mempengaruhi rencana jangka panjang siswa, terutama bagi mereka yang akan melanjutkan ke tingkat sekolah menengah atau profesional.

Kebanyakan orang benar-benar ingin mendaftar di sekolah hebat favorit mereka, baik itu sekolah menengah negeri atau swasta, dan bahkan banyak yang mengantri dan siap menjadi cadangan. Bahkan beberapa orang tua rela mengeluarkan biaya tambahan dan hal-hal termasuk menyontek untuk mendaftar di sekolah yang sangat baik.

Sementara itu, PPDB di Jawa Barat masih menggunakan sistem  yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu  sistem zonasi. Mulai dari siswa SD yang bersekolah di SMA  atau SMK, siswa SD menuju SMP, dan lainnya masih menggunakan sistem zonasi yang kini diterapkan secara daring.

Pendaftaran Mahasiswa Baru 2020/2021 di Jawa Barat

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang benar-benar menolak memperkenalkan PPDB untuk SMA atau SMK pada tahun ajaran 2020-2021. Pendaftarannya sendiri akan dimulai dengan dua tahap, sehingga bagi kamu yang mendaftar di SMA atau SMK bisa mendaftar dari tanggal 8 hingga 12 Juni untuk tahap 1.

Untuk tahap kedua, mulai 25 Juni hingga 1 Juli 2020, tidak perlu bersekolah di sekolah masing-masing, karena Anda hanya perlu mengakses website PPDB  Jawa Barat  melalui http://siap-ppdb.com/jabar dan kemudian Anda akan melihat portal untuk menerima siswa baru di provinsi Jawa Barat.

Setelah mengakses halaman situs di atas, Anda akan diarahkan ke beranda. Pada halaman utama website atau portal PPDB, Anda dapat melihat informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru pada tahun atau periode yang sesuai, yaitu 2020-2021, yang menyediakan beberapa alternatif jalur seleksi.

Untuk informasi terbaru, Anda harus sering mengakses halaman situs. Jangan lewatkan informasi pendaftaran penting atau isi dokumen PPDB di Jawa Barat  untuk mendaftar di sekolah tujuan Anda. Apalagi jika sekolah itu benar-benar sekolah yang sudah lama saya cintai.

Apalagi sekarang semua informasi mudah diakses, cukup mengandalkan smartphone dan internet. Tidak perlu pergi ke sekolah yang ingin kamu daftarkan, bahkan kamu bisa mendapatkan informasi melalui sarana online, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, disarankan untuk lebih banyak mendaftar dari rumah.

Cara mendaftar untuk portal PPDB

WEBID :

  1. percetakansurabaya.co.id
  2. idcop.id
  3. theolive.id
  4. wartabali.co.id
  5. gopher.co.id
  6. scouts.id
  7. arenagame.co.id
  8. jakartaforum.co.id
  9. sanghyangseri.co.id
  10. ArenaGame.co.id
  11. khalifagrass.co.id
  12. nixma.id
  13. rhbinvest.co.id
  14. forjasida.id
  15. murahan.id
  16. sapnudin.co.id
  17. grahajurnal.id
  18. intrace.id
  19. project6id.co.id
  20. directory.co.id
  21. kepripos.co.i
  22. webpro.co.id
  23. kka.co.id
  24. everlite.id
  25. visualisasi.id
  26. itsforex.id
  27. fsii.co.id 

Mahasiswa baru biasanya diterima secara online, bahkan website sudah disediakan untuk masing-masing daerah, termasuk Jawa Barat. Anda dapat mengakses portal untuk menerima mahasiswa baru sesuai jadwal, seperti yang telah dibahas di atas, ada 2 tahapan sebagai berikut:

  1. Akses laman PPDB Jabar yang disediakan pemerintah
  2. Anda dapat mengaksesnya menggunakan browser di ponsel cerdas Anda, tetapi untuk lebih jelasnya Anda dapat menggunakan komputer
  3. Pertama, Anda diminta untuk membuat akun di portal PPDB
  4. Setelah membuat akun, segera masuk dan kemudian masuk ke halaman beranda, pilih wilayah, kota tempat Anda tinggal atau tempat mendaftar
  5. Setelah mengklik opsi Wilayah atau Kota, Anda akan diarahkan ke pemilihan level, apakah itu sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), atau sekolah menengah atas (SMA)
  6. Setelah memilih tingkat sekolah, saatnya memilih jalur pendaftaran
  7. Secara umum, ada tiga jalur umum yang dapat Anda pilih di portal PPDB, yaitu jalur pencapaian, jalur transfer aset atau wali, dan jalur zonasi
  8. Pilih trek yang Anda inginkan dan kemudian daftar online dengan memasukkan dokumen yang diperlukan
  9. Nantinya, pihak sekolah akan melakukan verifikasi pendaftaran atau permintaan akun atas berkas yang
  10. Selanjutnya, Anda hanya perlu melanjutkan dengan hasil seleksi online

Cara paling umum untuk mendaftar online

Seperti pembahasan di atas, dimana ada beberapa cara daftar online di portal PPDB Jawa Barat.  Yang pertama adalah Jalur Prestasi, jalur ini diperuntukkan bagi calon siswa atau siswa berprestasi di luar divisi sekolah sehingga prestasinya dapat dijadikan definisi seleksi.

Prestasi ini dapat menambah nilai, tetapi jalan untuk mencapai jumlah siswa yang diterima hanya sekitar 5% dari total kapasitas sekolah. Ada juga jalur zonasi, dan jalur ini adalah yang paling umum karena memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat sekolah.

Jumlah siswa yang nantinya akan diterima melalui jalur zonasi sekitar 90% dari total daya tampung sekolah. Konsep zonasi didasarkan pada kewenangan masing-masing pemerintah daerah, sedangkan jalur pemindahan orang tua diperuntukkan bagi siswa yang tinggal di luar pembagian sekolah.

Begitu pula dengan jalur penyelesaian, di mana jalur transfer orang tua atau wali, hanya 5% dari total kapasitas sekolah. Padahal, pemerintah saat ini tengah memprioritaskan zonasi koridor, namun untuk koridor zonasi lainnya juga akan terus bersaing dengan jadwal.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami kesulitan mendaftar di portal PPDB?

Bagi Anda yang sedang kesulitan atau membutuhkan informasi lebih detail mengenai situs PPDB Jawa Barat  , permudah karena pendaftaran online harus dibantu oleh seorang guru atau guru kelas dari sekolah asal. Jadi Anda bisa meminta wali kelas dari sekolah sebelumnya untuk membantu maju ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Namun, jika Anda masih mengalami kesulitan atau memiliki informasi lebih lanjut untuk ditanyakan, Anda dapat menghubungi call center PPDB yang buka dari Senin hingga Jumat pada jam kerja, yaitu mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Anda dapat menghubungi nomor yang terdaftar sebagai 500250 atau mengirim email.

Untuk mengirim email ke keluhan atau kesulitan, Anda dapat mengirim pesan ke marketing@siap-online.com.  Anda juga bisa mendapatkan informasi PPDB Jawa Barat   secara online  melalui layanan SMS untuk pelanggan XL, karena informasi terbaru sangat penting, terutama setelah pendaftaran.

Ada beberapa tips yang perlu diingat saat mendaftar online, dan selalu up to date dengan informasi PPDB terbaru di sekolah tujuan Anda sehingga Anda tidak ketinggalan informasi penting. Karena setiap sekolah memiliki persyaratan dokumen kelulusan yang berbeda-beda dan sistem zonasi yang berbeda.

Periksa juga kelengkapan dokumen dan persyaratan yang diperlukan, tentu saja, Anda perlu berkonsultasi dengan orang tua, serta guru atau guru kelas ketika memilih sekolah ke tingkat berikutnya. Sebelum mendaftar di portal PPDB Jawa Barat  , ada baiknya anda memilih sekolah sesuai dengan kemampuan dan persyaratan yang anda tetapkan.