Home/ Hukum / Berita

Kamis, 25 Mei 2017 16:40 WIB

Ini Penilaian Yuslil Ihza Mahendra, Soal Kasus Ahok

Foto Yusril Ihza Mahendra

Penelehnews.com, Jakarta - Pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra, mengapresiasi sikap tersangka kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama, yang mencabut permohonan banding di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Jika jaksa penuntut umum (JPU) juga mencabut pernyataan banding, vonis Ahok mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

"Begitu dicabut oleh JPU, Ahok akan langsung jadi narapidana dan harus dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan," ujar Yusril

Penangguhan penahanan yang tetap diupayakan oleh pengacara Ahok, kata Yusril, tidak logis menurut hukum. Mencabut permohonan banding berarti telah menerima putusan pengadilan. Namun di satu sisi tetap mengajukan penangguhan penahanan.

"Ini akan menjadi pertimbangan majelis hakim jika ingin mengabulkan penangguhan," ujar Yusril

Kuasa hukum tersangka kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama, I Wayan Sudirta, mengatakan pencabutan permohonan banding tidak mempengaruhi upaya penangguhan penahanan yang telah disampaikan ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Pengalihan dan penangguhan penahanan akan terus dipertanyakan kepada pihak Pengadilan.

"Kami minta pengalihan dari tahanan penjara ke tahanan kota atau rumah," ujar Wayan.

Ahok divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa, 9 Mei 2017. Setelah pembacaan putusan, kuasa hukum pun mengajukan banding. Pihak keluarga pada 22 Mei 2017 kemudian mencabut permohonan tersebut.[]

Baca Juga

 

Pendidikan  -  Sabtu, 14 Oktober 2017 18:40
PRI Adakan Pembukaan Sekolah Penelitian 

PENELEHNEWS.COM, Malang- Hari ini, 14 Oktober 2017, Peneleh Research Institute (PRI) mengadakan diskusi terbuka tentang penelitian dengan tema "Penelitian asal jadi, jadi-jadian, ataukah menjadikan?"Pemandu atau pemantik pada . . .
Selengkapnya

 

Humaniora  -  Sabtu, 14 Oktober 2017 14:26
Aktivis Peneleh Palu Berbagi bersama Adik-adik Panti Asuhan Darut Taqwa Palu

PENELEHNEWS.COM, Palu- Pagi ini (14 Oktober 2017), Aktivis Peneleh Palu menyelenggarakan kegiatan bersama adik-adik Panti Asuhan Darut Taqwa, Palu. Kegiatan kegiatan yang diikuti sekitar 10 anak panti ini berlangsung sejak pagi . . .
Selengkapnya

 

Pendidikan  -  Selasa, 10 Oktober 2017 13:13
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta: LDK Syahid jadi Contoh Akhlakul Karimah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

PENELEHNEWS.COM, Tangerang- LDK Syahid menjadi contoh akhlakul karimah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, begitulah ungkapan wakil rektor bidang kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Yusron Razak, MA saat diwawancarai . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Kamis, 05 Oktober 2017 11:58
Tafsir Surat An Nuur 59 di Masjid Nurul Ashri Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, pada Senin (25/9/2017) Kajian Muslim (Kamus) dan Pengurus Takmir Masjid Nurul Ashri (Nurash) Deresan mengadakan Ngaji tafsir Al-Qur’an bersama Ustadz Syatori Abdurrauf di Masjid Nurul Ashri Deresan. . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 05 Oktober 2017 11:09
Makna Tahun Baru bagi Indonesia 

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata Hijriyah? Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata tahun baru? Pekan lalu, umat islam sedunia memperingati pergantian tahun hijriyah dari tahun 1438 Hijriyah ke 1439 Hijriyah. . . .
Selengkapnya