Home/ Internasional / Berita

Minggu, 21 Mei 2017 16:08 WIB

Hassan Rouhani Dikabarkan kembali Memimpin Iran 

Foto Hassan Rouhani

Penelehnews.com, Hassan Rouhani kembali mengukuhkan diri menjadi Presiden Iran, setelah penghitungan suara menyatakan dia unggul atas lawan terdekatnya, Ibrahim Raisi. Meski proses hitung suara hampir selesai, tetapi sepertinya jumlah perolehan suara Rouhani tidak mungkin terkejar lagi oleh Raisi.

Seperti dilansir dari laporan di laman Al Jazeera, Sabtu (20/5), Rouhani meraup suara 58,6 persen. Sedangkan Raisi memperoleh 39,8 persen, dari 40 juta pemilih menggunakan hak suaranya. Dua kandidat lainnya, Mustafa Mirsalim dan Mustafa Hashemitaba, masing-masing hanya memperoleh satu persen.

Pemilihan presiden ini sebagai langkah Rouhani supaya Iran membuka diri dengan dunia dan menggenjot pertumbuhan ekonomi yang mandek. Dia terpilih menjadi presiden empat tahun lalu dan berjanji bakal mengurangi sikap isolasi Iran. Hal ini juga bersejarah karena menjadi pemilu pertama yang dilakukan karena tekanan dunia pada 2015, sebagai ganti pencabutan sanksi lantaran Iran memutuskan menyetop program nuklirnya.

Rouhani selalu mencitrakan diri sebagai wakil dari kalangan kaum liberal. Dia kerap mengkritik penangkapan pentolan gerakan reformasi dan para pegiat. Sedangkan Raisi menuduh Rouhani tidak becus mengurus ekonomi. Dia memposisikan diri sebagai wakil rakyat kecil dan miskin, serta berjanji bersikap keras terhadap Barat.[]

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 24 Juli 2018 08:02
PENDAFTARAN PESERTA PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (DIKSARNAS) : SEKOLAH AKTIVIS PENELEH KE - VI

"Berjuang memang melelahkan, terjal, dan penuh kesedihan, tetapi itu hanyalah riak dan buih. Berjuang asasi pasti penuh keindahan, tanpa keluhan berarti, ketika kita mampu menjadi ombak yang menggulung lautan..."_(Dr. Aji Dedi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Jumat, 13 Juli 2018 14:57
Aktivis Peneleh Regional Kediri diundang sebagai komunitas peduli budaya dalam acara Seminar Budaya Panji Nusantara: Kearifan Budaya Panji Pemersatu Nusantara

Dalam acara ini hadir pembicara:1.Prof.Dr. Aris Munandar, M.Hum2. Rudi irawanto, S.Pd, M.Sn3. Drs. Eko Ediyono, M.Hum .Aktivis peneleh regional kediri bersama 19 komunitas lain peduli sejarah memamerkan beberapa kegiatan pelestarian . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Jumat, 06 Juli 2018 10:29
Generasi Muda Harus Melek Sejarah

Oleh Nurul Aini, Aktivis Peneleh Regional MaduraPeristiwa-peristiwa lampau yang dialami oleh leluhur tampaknya telah hilang diingatan masyarakatnya. Laiknya sejarah, tidak boleh begitu saja terlepas dari peradaban modern. Upaya . . .
Selengkapnya