Home/ Internasional / Berita

Selasa, 16 Mei 2017 22:36 WIB

Teroris Siber Jenis Wannacry  Serang Malware, Software Komputer.

Teroris siber, wanna cry yang menyerang software komputer mulai menyasar Indonesia

Penelehnews.com, Fenomena serangan siber kini mulai masuk di Indonesia. Direktur jendral aplikasi informatika, Samuel A Pangerapan menuturkan bahwa serangan ini bersifat tersebar dan massif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa di kategorikan teroris siber.  Senin( 16/5/17).

Berdasarkan laporan Kominfo di Indonesia, serangan ini ditujukan ke rumah sakit Harapan Kita dan rumah sakit Dharmais.

Semmy menjelaskan serangan siber yang menyerang ini berjenis ransomwere. Ransomwer adalah sebuah jenis melicius softwere atau malware yang menyerang komputerkorban dengan cara mengunci atau meng-encrypt semua file yang ada, sehingga tidak bisa diakses kembali.

Ransomwere baru ini bernama Wannacry . Wannacry mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di computer tersebut dan nantinya akan menyebar ke computer windows lain pada jaringan yang sama.

Dari kejahatan yang dilakukan oleh Wannacry ini yaitu dengan meminta rasom atau dana tebusan yang agar file-file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bictoin yang setara dengan 300 dollar Amerika. Disamping itu, juga memberikan dedline waktu terakhir pembayaran dan waktu dimana denda bisaa naik jika belum dibayar juga.

"Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meingkatkan ke hati-hatian dalam berinteraksi di dunia siber," himbauan Kominfo kepada warga Indonesia.


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 22 Januari 2018 08:57
Balada Zaman, Krisis Teologi Al-Alaq!!!

Nampaknya zaman telah berubah. Revolusi digital ditandai dengan adanya media sosial menghubungkan manusia dengan apa yang disebut symbolic environment oleh Manuel Castells. Ketika realitas kehidupan kita dapat dikonstruksi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya