Home/ Internasional / Berita

Selasa, 16 Mei 2017 22:36 WIB

Teroris Siber Jenis Wannacry  Serang Malware, Software Komputer.

Teroris siber, wanna cry yang menyerang software komputer mulai menyasar Indonesia

Penelehnews.com, Fenomena serangan siber kini mulai masuk di Indonesia. Direktur jendral aplikasi informatika, Samuel A Pangerapan menuturkan bahwa serangan ini bersifat tersebar dan massif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa di kategorikan teroris siber.  Senin( 16/5/17).

Berdasarkan laporan Kominfo di Indonesia, serangan ini ditujukan ke rumah sakit Harapan Kita dan rumah sakit Dharmais.

Semmy menjelaskan serangan siber yang menyerang ini berjenis ransomwere. Ransomwer adalah sebuah jenis melicius softwere atau malware yang menyerang komputerkorban dengan cara mengunci atau meng-encrypt semua file yang ada, sehingga tidak bisa diakses kembali.

Ransomwere baru ini bernama Wannacry . Wannacry mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di computer tersebut dan nantinya akan menyebar ke computer windows lain pada jaringan yang sama.

Dari kejahatan yang dilakukan oleh Wannacry ini yaitu dengan meminta rasom atau dana tebusan yang agar file-file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bictoin yang setara dengan 300 dollar Amerika. Disamping itu, juga memberikan dedline waktu terakhir pembayaran dan waktu dimana denda bisaa naik jika belum dibayar juga.

"Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meingkatkan ke hati-hatian dalam berinteraksi di dunia siber," himbauan Kominfo kepada warga Indonesia.


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

Kami datang. Kami datang dari seluruh penjuru Setiap penghalang revolusi kami terjang Kami Terjang (Nora, Kami Datang) Dinina-bobo-kannya Mahasiswa oleh Kisah Negeri Dongeng Heroisme kampus, pojok-pojok ruang . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 21:55
Diskusi Perdana Komunitas Pilar Muda di Rembug Kopi Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, pada Sabtu (21/10) Pilar Muda mengadakan Pilar Muda Talk #1 yang bertajuk ''Kedaulatan Bangsa di Era Digital'' di Kedai Kopi Jalan Veteran No.148 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini merupakan . . .
Selengkapnya