Home/ Internasional / Berita

Selasa, 16 Mei 2017 22:36 WIB

Teroris Siber Jenis Wannacry  Serang Malware, Software Komputer.

Teroris siber, wanna cry yang menyerang software komputer mulai menyasar Indonesia

Penelehnews.com, Fenomena serangan siber kini mulai masuk di Indonesia. Direktur jendral aplikasi informatika, Samuel A Pangerapan menuturkan bahwa serangan ini bersifat tersebar dan massif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa di kategorikan teroris siber.  Senin( 16/5/17).

Berdasarkan laporan Kominfo di Indonesia, serangan ini ditujukan ke rumah sakit Harapan Kita dan rumah sakit Dharmais.

Semmy menjelaskan serangan siber yang menyerang ini berjenis ransomwere. Ransomwer adalah sebuah jenis melicius softwere atau malware yang menyerang komputerkorban dengan cara mengunci atau meng-encrypt semua file yang ada, sehingga tidak bisa diakses kembali.

Ransomwere baru ini bernama Wannacry . Wannacry mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di computer tersebut dan nantinya akan menyebar ke computer windows lain pada jaringan yang sama.

Dari kejahatan yang dilakukan oleh Wannacry ini yaitu dengan meminta rasom atau dana tebusan yang agar file-file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bictoin yang setara dengan 300 dollar Amerika. Disamping itu, juga memberikan dedline waktu terakhir pembayaran dan waktu dimana denda bisaa naik jika belum dibayar juga.

"Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meingkatkan ke hati-hatian dalam berinteraksi di dunia siber," himbauan Kominfo kepada warga Indonesia.


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 28 Agustus 2018 14:31
Pendaftaran Peneleh Youth Volunteer Camp IV Blitar

Penelehnews.com, Blitar- Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) kembali membuka pendaftaran peserta. Kali ini, PYVC akan diselenggarakan di Blitar, Jawa Timur.Sebelumnya, PYVC III yang diadakan di Kediri, mengambil tema tentang budaya. . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 27 Agustus 2018 08:45
Aktivis Peneleh Surabaya Menyepakati Proyek Bersama

Rumahpeneleh.or.id, Surabaya- Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR) Surabaya berhasil menyusun proyek bersama, yang dinamai Wadoel (Wayahe Doelanan). Proyek ini berbasis temuan dan data penelitian yang dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya