Home/ Politik / Berita

Kamis, 04 Mei 2017 08:47 WIB

Ketua MPR RI: Indonesia Berdaulat di Atas Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara

Penelehnews.com, Jakarta-- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, hadir dalam seminar kebangsaan di Auditorium Harun Nasution, UIN Jakarta, Rabu (3/5/2017). Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa bangsa Indonesia ini berdaulat di atas empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara.

Zulkifli juga menyampaikan bahwa terdapat empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

"Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa ini. Di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur yang harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Dalam pandangannya, Pancasila dan UUD 1945 merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam Pembukaan UDD 1945 terdapat tujuan Negara, dan untuk mencapai tujuan tersebut, lanjutnya, diperlukan pedoman-pedoman yang sesuai dengan Pancasila, "yang kemudian tertuang dalam pasal-pasal dan ayat-ayat," tegasnya.

"Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republic," kata Zulkifli. "NKRI merupakan harga mati. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam, dari suku, bahasa, agama, kebudayaan, dan sebagainya. Biarlah kearifan lokal ini terus lestari, karena kita tetap dalam satu bingkai yang sama yaitu NKRI. Sebagaimana semboyan negara Indonesia 'Bhineka Tunggal Ika' yang memiliki makna berbeda-beda tapi tetap satu jua," tutupnya..


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

Kami datang. Kami datang dari seluruh penjuru Setiap penghalang revolusi kami terjang Kami Terjang (Nora, Kami Datang) Dinina-bobo-kannya Mahasiswa oleh Kisah Negeri Dongeng Heroisme kampus, pojok-pojok ruang . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 21:55
Diskusi Perdana Komunitas Pilar Muda di Rembug Kopi Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, pada Sabtu (21/10) Pilar Muda mengadakan Pilar Muda Talk #1 yang bertajuk ''Kedaulatan Bangsa di Era Digital'' di Kedai Kopi Jalan Veteran No.148 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini merupakan . . .
Selengkapnya