Home/ Politik / Berita

Kamis, 04 Mei 2017 08:47 WIB

Ketua MPR RI: Indonesia Berdaulat di Atas Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara

Penelehnews.com, Jakarta-- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, hadir dalam seminar kebangsaan di Auditorium Harun Nasution, UIN Jakarta, Rabu (3/5/2017). Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa bangsa Indonesia ini berdaulat di atas empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara.

Zulkifli juga menyampaikan bahwa terdapat empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

"Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa ini. Di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur yang harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Dalam pandangannya, Pancasila dan UUD 1945 merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam Pembukaan UDD 1945 terdapat tujuan Negara, dan untuk mencapai tujuan tersebut, lanjutnya, diperlukan pedoman-pedoman yang sesuai dengan Pancasila, "yang kemudian tertuang dalam pasal-pasal dan ayat-ayat," tegasnya.

"Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republic," kata Zulkifli. "NKRI merupakan harga mati. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam, dari suku, bahasa, agama, kebudayaan, dan sebagainya. Biarlah kearifan lokal ini terus lestari, karena kita tetap dalam satu bingkai yang sama yaitu NKRI. Sebagaimana semboyan negara Indonesia 'Bhineka Tunggal Ika' yang memiliki makna berbeda-beda tapi tetap satu jua," tutupnya..


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 22 Januari 2018 08:57
Balada Zaman, Krisis Teologi Al-Alaq!!!

Nampaknya zaman telah berubah. Revolusi digital ditandai dengan adanya media sosial menghubungkan manusia dengan apa yang disebut symbolic environment oleh Manuel Castells. Ketika realitas kehidupan kita dapat dikonstruksi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya