Home/ Politik / Berita

Kamis, 04 Mei 2017 08:47 WIB

Ketua MPR RI: Indonesia Berdaulat di Atas Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara

Penelehnews.com, Jakarta-- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, hadir dalam seminar kebangsaan di Auditorium Harun Nasution, UIN Jakarta, Rabu (3/5/2017). Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa bangsa Indonesia ini berdaulat di atas empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara.

Zulkifli juga menyampaikan bahwa terdapat empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

"Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa ini. Di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur yang harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Dalam pandangannya, Pancasila dan UUD 1945 merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam Pembukaan UDD 1945 terdapat tujuan Negara, dan untuk mencapai tujuan tersebut, lanjutnya, diperlukan pedoman-pedoman yang sesuai dengan Pancasila, "yang kemudian tertuang dalam pasal-pasal dan ayat-ayat," tegasnya.

"Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republic," kata Zulkifli. "NKRI merupakan harga mati. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam, dari suku, bahasa, agama, kebudayaan, dan sebagainya. Biarlah kearifan lokal ini terus lestari, karena kita tetap dalam satu bingkai yang sama yaitu NKRI. Sebagaimana semboyan negara Indonesia 'Bhineka Tunggal Ika' yang memiliki makna berbeda-beda tapi tetap satu jua," tutupnya..


Baca Juga

 

Politik  -  Sabtu, 20 April 2019 12:06

Penelehnews.com, Singosari- Angka dan Statistik mulai dipertanyakan keabsahannya secara moral hari-hari ini, begitu selesai pencoblosan dalam rangka pemilihan umum serentak untuk memilih Presiden, anggota Legislatif, dan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 20 April 2019 12:04
Aktivis Peneleh Surabaya Bedah Tema Sekolah Aktivis 

Penelehnews.com, Sidoarjo- Tanggal 19-21 April 2018, Aktivis Peneleh Regional Surabaya melangsungkan Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR). Agenda ini dilaksanakan di Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, diikuti oleh aktivis dari . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 08 Januari 2019 16:10
Englishopedia, Tempat Kursus Bahasa Inggris Gratis di Jogja

Penelehnews.com, Jogja- Mendapatkan pendidikan yang layak sebagai warga negara adalah hal yang sangat utama dalam menjalani hidup terutama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa mendatang. Dalam hidup ini setiap . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 06 Desember 2018 04:17
STRATEGI RAMPUNGKAN SKRIPSI ALA HUMANIORA

Oleh : Destri Andriani Skripsi menjadi cemilan yang paling mengenyangkan bagi mahasiswa perguruan tinggi di tingkat akhir. Apapun strata sosialnya, cantik ataupun gantengnya, aktif atau tidak di organisasinya, rajin ataupun malasnya, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya