Home/ Politik / Berita

Kamis, 04 Mei 2017 08:47 WIB

Ketua MPR RI: Indonesia Berdaulat di Atas Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara

Penelehnews.com, Jakarta-- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, hadir dalam seminar kebangsaan di Auditorium Harun Nasution, UIN Jakarta, Rabu (3/5/2017). Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa bangsa Indonesia ini berdaulat di atas empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara.

Zulkifli juga menyampaikan bahwa terdapat empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

"Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa ini. Di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur yang harus terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Dalam pandangannya, Pancasila dan UUD 1945 merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam Pembukaan UDD 1945 terdapat tujuan Negara, dan untuk mencapai tujuan tersebut, lanjutnya, diperlukan pedoman-pedoman yang sesuai dengan Pancasila, "yang kemudian tertuang dalam pasal-pasal dan ayat-ayat," tegasnya.

"Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republic," kata Zulkifli. "NKRI merupakan harga mati. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam, dari suku, bahasa, agama, kebudayaan, dan sebagainya. Biarlah kearifan lokal ini terus lestari, karena kita tetap dalam satu bingkai yang sama yaitu NKRI. Sebagaimana semboyan negara Indonesia 'Bhineka Tunggal Ika' yang memiliki makna berbeda-beda tapi tetap satu jua," tutupnya..


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 28 Agustus 2018 14:31
Pendaftaran Peneleh Youth Volunteer Camp IV Blitar

Penelehnews.com, Blitar- Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) kembali membuka pendaftaran peserta. Kali ini, PYVC akan diselenggarakan di Blitar, Jawa Timur.Sebelumnya, PYVC III yang diadakan di Kediri, mengambil tema tentang budaya. . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 27 Agustus 2018 08:45
Aktivis Peneleh Surabaya Menyepakati Proyek Bersama

Rumahpeneleh.or.id, Surabaya- Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR) Surabaya berhasil menyusun proyek bersama, yang dinamai Wadoel (Wayahe Doelanan). Proyek ini berbasis temuan dan data penelitian yang dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya