Home/ sastra / Berita

Rabu, 01 Maret 2017 00:00 WIB

Angin adalah pendidikan

Dian winarti - aktivis peneleh 3 asal kampus universitas negeri surabaya

Penelehnews.com, malang - Realita yang menyakitkan ketika mata melihat lebih banyak berkaitan dengan pendidikan karakter pada anak usia menengah ke atas yang sangat buruk. Berapa banyak lagi laman koran dan media massa yang sampul awalnya tertulis jelas bahwa nilai moral dan karakter generasi bangsa mulai luntur ?

INDONESIA, negara kepulauan bagian Asia tenggara yang digadang akan mencapai puncak kejayaannya pada 2045 nyatanya masih meronta mempermasalahkan moral generasi penerus nya. Persiapan yang diharuskan masih memiliki banyak pembetulan disana sini nyatanya juga tidak siap. Evaluasi yang dilakukan hanya akan menimbulkan masalah baru dalam ekonomi ataupun sosial budaya. Lalu bagaimana Indonesia bisa mencapai puncak kejayaannya di 2045??

Generasi yang harusnya mampu menahami diri  dan menempatkan posisi pada hakikatnya tak mampu menerima arys modernisasi yang melanda Indonesia. Siapa yang salah pada problem tika ini ??.

Salah atau benar merupakan ke-absurd-an yang hanya akan merujuk pada tuding yang berimbas pada kekecewaan saja. Menteri pendidikan yang berganti seakan menimbulkan atmosfer bahwa ganti menteri ganti kurikulum. Bukankah pikiran tersebut sangatlah picik ??

Pendidikan realitas nya adalah gudang pengetahuan untuk semua bidang. Darimana asalnya dokter tanpa sekolah ?

Darimana asalnya presiden tanpa sekolah ?

Darimana seorang pilot bisa menerbangkan pesawat tanpa sekolah ?

Pendidikan itu layaknya angin yang akan merasuk pada sendi kehidupan. Perbaikan pada pola pikir dan dukungan untuk pendidikan akan mengubah permasalahan pada pendidikan. Pendidikan yang baik akan merubah generasi bangsa agar lebih baik.

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Jumat, 13 Juli 2018 14:57
Aktivis Peneleh Regional Kediri diundang sebagai komunitas peduli budaya dalam acara Seminar Budaya Panji Nusantara: Kearifan Budaya Panji Pemersatu Nusantara

Dalam acara ini hadir pembicara:1.Prof.Dr. Aris Munandar, M.Hum2. Rudi irawanto, S.Pd, M.Sn3. Drs. Eko Ediyono, M.Hum .Aktivis peneleh regional kediri bersama 19 komunitas lain peduli sejarah memamerkan beberapa kegiatan pelestarian . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Jumat, 06 Juli 2018 10:29
Generasi Muda Harus Melek Sejarah

Oleh Nurul Aini, Aktivis Peneleh Regional MaduraPeristiwa-peristiwa lampau yang dialami oleh leluhur tampaknya telah hilang diingatan masyarakatnya. Laiknya sejarah, tidak boleh begitu saja terlepas dari peradaban modern. Upaya . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Kamis, 05 Juli 2018 17:26
DHUNGING TRUNUJOYO

"Lalu Adipati Anom menikam dada Trunojoyo hingga tembus ke punggung dengan keris itu. Kemudian para Bupati ikut menikam juga, hingga mayat Trunojoyo hancur tercabik-cabik. Adipati Anom kemudian memerintahkan kepada seluruh anak-anak . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 03 Juli 2018 14:41
Pendaftaran Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Regional Surabaya

Kamu aktivis mahasiswa? Berjiwa sosial? Tertarik dengan isu-isu penting Surabaya? Ingin melakukan aksi keberpihakan? Yuk, tak hanya omong kosong, kita jadi gelombang perubahan….Aktivis Peneleh Regional Surabaya mengajak untuk . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 02 Juli 2018 20:40
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5

Palu, Jumat-Minggu, 20-23 September 2018..✔ Bingung mau nulis skripsi/ tesis/ disertasi apa?✔ Mau meneliti berbasis masalah yang ada, bukannya cari-cari masalah?✔ Mau meneliti berpihak untuk secara konkrit . . .
Selengkapnya