Home/ Humaniora / Berita

Rabu, 02 November 2016 17:37 WIB

Warga Cina Tinggalkan Jakarta, Toko dan Perumahan Ditutup

Ilustrasi

Penelehnews.com, Jakarta - Menjelang aksi Bela Islam jilid II pada 4 Nopember mendatang beredar pesan berantai di media sosial informasi rencana eksodus warga keturunan Tionghoa ke luar Jakarta bahkan luar negeri.

Menanggapi hal ini, Ustadz Bachtiar Nasir, Koordinator Gerakan Nasional Pendukung Fatwa (GNPF) MUI mengatakan bahwa isu eksodus ini benar adanya.

Ustadz Bachtiar mengungkapkan bahwa beberapa hari belakangan ini pertokoan dan perumahan milik warga keturunan di beberapa titik di Jakarta sudah terlihat kosong.

"Itu sudah dirasakan dari Glodok sampai Pluit. Nuansa itu sudah berasa. Bahkan saat kami gelar tabligh Akbar di daerah Pintu Air, apartemen yang ditinggali warga keturunan kosong," ungkap Ustadz Bachtiar di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan pekan lalu.

Menurut Ustadz Bachtiar, ketakutan warga keturunan ini disebabkan oleh perilaku yang dilakukan oleh gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Mereka akhirnya takut sendiri, karena kelakuan Gubernur DKI ini," tegas Ustadz Bachtiar.

Ustadz Bachtiar meminta pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo sensitif dengan gejolak ini.

"Kalau pemerintah pintar harus segera ambil sikap. Harusnya pemerintah sensitif," ujar dia.

Pada aksi Bela Islam 4 Nopember mendatang, Ustadz Bachtiar berharap Presiden Joko Widodo mau menemui perwakilan massa Islam dan mendengar aspirasinya.

"Target ketemu presiden. Sebagai presiden rakyat, seharusnya dia mau menerima kita. Kalau dia nggak mau terima kita, ya terserah rakyat maunya bagaimana," ujar Ustadz Bachtiar.[]

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 24 Juli 2018 08:02
PENDAFTARAN PESERTA PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (DIKSARNAS) : SEKOLAH AKTIVIS PENELEH KE - VI

"Berjuang memang melelahkan, terjal, dan penuh kesedihan, tetapi itu hanyalah riak dan buih. Berjuang asasi pasti penuh keindahan, tanpa keluhan berarti, ketika kita mampu menjadi ombak yang menggulung lautan..."_(Dr. Aji Dedi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Jumat, 13 Juli 2018 14:57
Aktivis Peneleh Regional Kediri diundang sebagai komunitas peduli budaya dalam acara Seminar Budaya Panji Nusantara: Kearifan Budaya Panji Pemersatu Nusantara

Dalam acara ini hadir pembicara:1.Prof.Dr. Aris Munandar, M.Hum2. Rudi irawanto, S.Pd, M.Sn3. Drs. Eko Ediyono, M.Hum .Aktivis peneleh regional kediri bersama 19 komunitas lain peduli sejarah memamerkan beberapa kegiatan pelestarian . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Jumat, 06 Juli 2018 10:29
Generasi Muda Harus Melek Sejarah

Oleh Nurul Aini, Aktivis Peneleh Regional MaduraPeristiwa-peristiwa lampau yang dialami oleh leluhur tampaknya telah hilang diingatan masyarakatnya. Laiknya sejarah, tidak boleh begitu saja terlepas dari peradaban modern. Upaya . . .
Selengkapnya