Home/ Pendidikan / Berita

Rabu, 04 Oktober 2017 08:01 WIB

Persyaratan Pendaftaran Sekolah Aktivis Peneleh 4 Gelombang 2

PENELEHNEWS.COM, Malang- Setelah melalui pertimbangan berkaitan dengan tingginya minat Aktivis Mahasiswa untuk mengikuti Sekolah Aktivis Peneleh 4 (SAP-4), panitia SAP-4 memutuskan untuk membuka Pendaftaran Gelombang Kedua.

Pembukaan gelombang kedua ini diharapkan dapat lebih luas menyerap potensi aktivis mahasiswa.

Kamu yang belum menyelesaikan pendaftaran di gelombang pertama, simak persyaratan pendaftaran gelombang kedua berikut:

1. Surat keterangan keanggotaan dari organisasi atau komunitas yang diikuti calon pendaftar. Surat rekomendasi dapat diperoleh pendaftar dari organisasi intra kampus, seperti BEM, UKM, Hima (himpunan mahasiswa tingkat jurusan) atau organisasi lain dibawah naungan jurusan, fakultas atau kampus. Pendaftar juga diperbolehkan mendapat surat rekomendasi yang berasal dari organisasi ekstra-kampus, misalnya komunitas pengabdian atau komunitas yang memiliki konsentrasi pada isu-isu lain, organisasi KAMMI, HMI, PMII, GMNI, IPNU-IPPNU, IMM ataupun organisasi kemahasiswaan lain.

Penyertaan persyaratan ini digunakan oleh pendaftar untuk membuktikan aktivitasnya sebagai aktivis di kampus masing-masing.

2. Menulis esai. (Panduan di http://bit.ly/PanBSAP4)

Kemampuan menulis sangatlah penting di lingkungan Aktivis Peneleh. Oleh karenanya, pendaftar diharapkan dapat menunjukkan potensinya sebagai agen perubahan yang berpihak, baik yang sudah dikerjakan maupun yang akan dikerjakan, melalui gagasan dalam bentuk tulisan.

Selain itu, esai ini dapat digunakan pendaftar untuk menunjukkan kepantasan dan kelayakan untuk diterima sebagai peserta SAP-4.

3. Surat pernyataan bersedia mengikuti SAP-4.

Surat ini dibuat secara pribadi oleh pendaftar.

Pendaftar dalam surat ini diminta untuk menetapkan komitmen mengikuti ketentuan dan dapat hadir sebagai peserta SAP-4 jika dinyatakan diterima sebagai peserta.

Panitia tidak menetapkan format penulisan maupun konten, akan tetapi peserta diwajibkan untuk mengikuti standar substansi isi surat yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

4. Curriculum vitae (CV) atau data diri.
Melalui CV ini, pendaftar diharapkan dapat menunjukkan rekam jejaknya selama menjalani studi di universitas. Setiap aktivitas maupun capaian prestasi, dapat dicantumkan di CV. Peserta juga diperkenankan melakukan inovasi dalam desain maupun konten CV. Artinya, pantai tidak menentukan standart format.

Bagi panitia seleksi, CV ini akan digunakan sebagai informasi dalam melacak kemampuan serta kelayakan pendaftar untuk mengikuti SAP-4.

5. Link video perkenalan pribadi.

Video ini berisi pengenalan diri pendaftar kepada panitia seleksi dalam bentuk video.

Dalam video ini, peserta diwajibkan mengenalkan diri melaui penjelasan secara lisan, bukan narasi tertulis, yang diungkapkan secara langsung melalui rekaman video (Panduan di: http://bit.ly/PanBSAP4).

Setelah video-diri direkam, lalu diunggah ke YouTube menggunakan akun pribadi. Link video inilah yang dimasukkan ke dalam formulir pendaftaran (http://bit.ly/BSAP4DIY).

6. KTP, KTM, Foto diri, surat rekomendasi untuk mengikuti SAP-4 dari organisasi yang sedang diikuti, dan sertifikat organisasi atau prestasi.

Surat rekomendasi ini dikeluarkan oleh organisasi atau komunitas tempat pendaftar sedang mengikuti aktivitas sebagai aktivis mahasiswa.

Surat rekomendasi ini biasanya ditandatangi oleh ketua atau pimpinan organisasi atau komunitas. Dengan surat ini, peserta dapat membuktikan diri sebagai aktivis mahasiswa dan layak menjadi peserta SAP-4.

Panitia tidak menentukan format tulisan surat, pendaftar cukup mengikuti substansi penting dan tujuan surat ini yang telah dijelaskan dalam poin sebelumnya.

Sertifikat organisasi yang dimaksud adalah bukti pendaftar pernah mengikuti berbagai organisasi atau komunitas, jadi dapat berupa sertifikat dari organisasi yang sudah pernah dan/ sedang diikuti pendaftar.

Sertifikat prestasi dapat digunakan pendaftar untuk menunjukkan capaian dalam berbagai bidang kompetisi.

Kedua sertifikat (organisasi/ komunitas atau prestasi) ini digunakan panitia seleksi untuk memberi nilai tambah kelolosan.

NARAHUBUNG:

Ozi 089658416947 (Hanya WhatsApp)


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 28 Agustus 2018 14:31
Pendaftaran Peneleh Youth Volunteer Camp IV Blitar

Penelehnews.com, Blitar- Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) kembali membuka pendaftaran peserta. Kali ini, PYVC akan diselenggarakan di Blitar, Jawa Timur.Sebelumnya, PYVC III yang diadakan di Kediri, mengambil tema tentang budaya. . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 27 Agustus 2018 08:45
Aktivis Peneleh Surabaya Menyepakati Proyek Bersama

Rumahpeneleh.or.id, Surabaya- Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR) Surabaya berhasil menyusun proyek bersama, yang dinamai Wadoel (Wayahe Doelanan). Proyek ini berbasis temuan dan data penelitian yang dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya