Home/ Humaniora / Berita

Kamis, 28 September 2017 21:52 WIB

Peneleh Research Institute akan Laksanakan Pelatihan Pengolahan Singkong dan Pisang di Desa Sukopura, Kab. Malang

PENELEHNEWS.COM, Malang- Peneleh Research Institute (PRI), bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Pemerintah Kecamatan Jabung, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), dan didukung oleh Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Malang akan melaksanakan Pelatihan Pengolahan Singkong dan Pisang pada Minggu, 1 Oktober 2017.

Pelatihan ini menggunakan singkong dan pisang sebagai bahan dasar karena kedua jenis hasil alam tersebut sangat melimpah, sehingga harga jualnya sangat rendah. Oleh karenanya, meningkatkan nilai ekonomi dari kedua hasil alam tersebut merupakan tujuan penting dalam pelatihan ini.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Sukopura, Kec. Jabung, Malang, ini adalah kelanjutan dari program "Riset Bersama Membangun Desa" yang sebelumnya dilaksanakan di desa yang sama.

Dr. Ari Kamayanti, Direktur Eksekutif PRI, terkait pelaksanaan kegiatan ini mengatakan bahwa riset berpihak adalah riset yang tidak egois tetapi sinergis, "Riset berpihak itu bukan riset yang selesai kalau tulisan berhasil dipublikasi," lanjutnya.

Sebagai informasi, pemateri dalam pelatihan ini adalah Dr. Siti Asmaul Mustaniroh, STP. MP dan Jaya Mahar Maligan, STP, MP dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya. Sedangkan subjek pelatihan ini adalah Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang berjumlah puluhan dan memiliki anggota ratusan.

Baca Juga

 

sastra  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:27
DATUK

Oleh Soleh UG Datuk……. Tersenyumlah matahari sudah lama tak bersinar karena kau muram Datuk……. Tertawalah agar rembulan mampu menembus pekatnya malam Datuk……. Mari bernyanyi, agar rumput-rumput meranggas bersemi Datuk……. . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:26
Cerpen: Cinta Paimin Painem

Oleh Sholeh UG Nem…… Aku bukan Gibran yang pandai merangkai kata cinta menjadi cerita Aku bukan si gila Shakespeare yang memaknai cinta sebagai birahi Aku juga bukan Qays sang pengelana yang mencinta dengan mantra Nem…… Aku . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya