Home/ Berita Daerah / Berita

Sabtu, 23 September 2017 16:26 WIB

Dikonfirmasi terkait Penutupan Tambang Besi di Lombok Timur, PT. AMG Memilih Bungkam 

PENELEHNEWS.COM, Lombok Timur - Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dengan tegas telah meminta PT. Anugerah Mitra Graha (AMG) untuk sementara menghentikan aktifitas penambangan pasir besi dipinggiran pantai di Kelurahan Ijobalit. Tidak hanya dari Pemprov, tuntutan yang sama juga sebelumnya telah dilontarkan oleh warga setempat.

Aktifitas penambangan sendiri telah mulai berjalan kurang lebih dua bulan. Namun dalam perjalanannya, selalu menuai protes dari warga. Bahkan izin penambangan yang telah dikantongi perusahaan tersebut juga dipertanyakan oleh warga. Sebab, penerbitan izin tanpa sepengetahuan dan rekomendasi dari mereka.

Dikonfirmasi terkait permintaan Pemprov untuk menghentikan operasinya, Penanggung Jawab PT. AMG untuk wilayah NTB, Edi Sastrawan, lebih memilih bungkam. Edi belum bersedia memberikan jawaban apa pun, dengan dalih terlebih dulu harus koordinasi dengan atasannya.

"Saya belum bisa menanggapi terkait itu. Dan saya belum terima apa yang  harus saya sampaikan. Karena saya harus sampaikan dulu ke kantor pusat," jawabnya pada Kamis (21/09/2017)

Yang jelas, katanya, aktifitas penambangan yang sedang berjalan saat ini, semua sudah melalui ketentuan yang ada. Dimana PT AMG melakukan penambangan karena sudah mengantongi izin dari Pemda Lotim saat itu. Dan, menurut Edi, izinnya pun telah diterbitkan sejak tahun 2011 yang lalu.

"Izinnya dari Bupati Lotim, yang kemudian ditindak lanjuti ke pemerintah provinsi," jawabnya singkat.

Terpisah, Kadis Lingkungan dan Kebersihan (LHK) Lotim, Mulki mengatakan, sebelum munculnya penolakan dari warga, pihaknya terlebih dahulu telah turun ke lokasi tempat dilakukan penambangan.

Bahkan secara lisan, mereka juga telah melakukan pemanggilan ke pihak PT AMG. Tapi sampai saat ini, menurut Mulki, panggilan itu tak kunjung di respon oleh perusahaan itu.

"Tidak hanya secara lisan. Bahkan kita sudah meminta bidang penataan untuk memanggil PT AMG," lanjutnya.

Sebelumnya, Camat Labuhan Haji, Rusno, menyatakan bahwa saat ini, pihaknya terus berupaya untuk mencari jalan penyelesaian terkait penolakan warga terhadap penambangan pasir besi oleh PT. AMG. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu akan memediasi warga dengan pihak perusahaan di DPRD setempat. "Kita akan minta dewan supaya masyarakat kita diakomodir apa maunya," akunya.

Meski sebelumnya telah dilakukan pertemuan di Kantor Kelurahan setempat, tapi mereka juga berencana kembali untuk melakukan pemanggilan terhadap PT AMG dan warga, untuk diajak duduk bareng mencari jalan keluar.

Sebab, sejauh ini warga masih tetap ngotot meminta tambang pasir besi PT. AMG untuk ditutup, "Makanya sebelum ke dewan, kita akan panggil. Kita akan fasilitas kedua pihak supaya jangan ada gejolak," jelasnya.

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

Kami datang. Kami datang dari seluruh penjuru Setiap penghalang revolusi kami terjang Kami Terjang (Nora, Kami Datang) Dinina-bobo-kannya Mahasiswa oleh Kisah Negeri Dongeng Heroisme kampus, pojok-pojok ruang . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 21:55
Diskusi Perdana Komunitas Pilar Muda di Rembug Kopi Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, pada Sabtu (21/10) Pilar Muda mengadakan Pilar Muda Talk #1 yang bertajuk ''Kedaulatan Bangsa di Era Digital'' di Kedai Kopi Jalan Veteran No.148 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini merupakan . . .
Selengkapnya