Home/ Berita Daerah / Berita

Sabtu, 23 September 2017 16:26 WIB

Dikonfirmasi terkait Penutupan Tambang Besi di Lombok Timur, PT. AMG Memilih Bungkam 

PENELEHNEWS.COM, Lombok Timur - Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dengan tegas telah meminta PT. Anugerah Mitra Graha (AMG) untuk sementara menghentikan aktifitas penambangan pasir besi dipinggiran pantai di Kelurahan Ijobalit. Tidak hanya dari Pemprov, tuntutan yang sama juga sebelumnya telah dilontarkan oleh warga setempat.

Aktifitas penambangan sendiri telah mulai berjalan kurang lebih dua bulan. Namun dalam perjalanannya, selalu menuai protes dari warga. Bahkan izin penambangan yang telah dikantongi perusahaan tersebut juga dipertanyakan oleh warga. Sebab, penerbitan izin tanpa sepengetahuan dan rekomendasi dari mereka.

Dikonfirmasi terkait permintaan Pemprov untuk menghentikan operasinya, Penanggung Jawab PT. AMG untuk wilayah NTB, Edi Sastrawan, lebih memilih bungkam. Edi belum bersedia memberikan jawaban apa pun, dengan dalih terlebih dulu harus koordinasi dengan atasannya.

"Saya belum bisa menanggapi terkait itu. Dan saya belum terima apa yang  harus saya sampaikan. Karena saya harus sampaikan dulu ke kantor pusat," jawabnya pada Kamis (21/09/2017)

Yang jelas, katanya, aktifitas penambangan yang sedang berjalan saat ini, semua sudah melalui ketentuan yang ada. Dimana PT AMG melakukan penambangan karena sudah mengantongi izin dari Pemda Lotim saat itu. Dan, menurut Edi, izinnya pun telah diterbitkan sejak tahun 2011 yang lalu.

"Izinnya dari Bupati Lotim, yang kemudian ditindak lanjuti ke pemerintah provinsi," jawabnya singkat.

Terpisah, Kadis Lingkungan dan Kebersihan (LHK) Lotim, Mulki mengatakan, sebelum munculnya penolakan dari warga, pihaknya terlebih dahulu telah turun ke lokasi tempat dilakukan penambangan.

Bahkan secara lisan, mereka juga telah melakukan pemanggilan ke pihak PT AMG. Tapi sampai saat ini, menurut Mulki, panggilan itu tak kunjung di respon oleh perusahaan itu.

"Tidak hanya secara lisan. Bahkan kita sudah meminta bidang penataan untuk memanggil PT AMG," lanjutnya.

Sebelumnya, Camat Labuhan Haji, Rusno, menyatakan bahwa saat ini, pihaknya terus berupaya untuk mencari jalan penyelesaian terkait penolakan warga terhadap penambangan pasir besi oleh PT. AMG. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu akan memediasi warga dengan pihak perusahaan di DPRD setempat. "Kita akan minta dewan supaya masyarakat kita diakomodir apa maunya," akunya.

Meski sebelumnya telah dilakukan pertemuan di Kantor Kelurahan setempat, tapi mereka juga berencana kembali untuk melakukan pemanggilan terhadap PT AMG dan warga, untuk diajak duduk bareng mencari jalan keluar.

Sebab, sejauh ini warga masih tetap ngotot meminta tambang pasir besi PT. AMG untuk ditutup, "Makanya sebelum ke dewan, kita akan panggil. Kita akan fasilitas kedua pihak supaya jangan ada gejolak," jelasnya.

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 28 Agustus 2018 14:31
Pendaftaran Peneleh Youth Volunteer Camp IV Blitar

Penelehnews.com, Blitar- Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) kembali membuka pendaftaran peserta. Kali ini, PYVC akan diselenggarakan di Blitar, Jawa Timur.Sebelumnya, PYVC III yang diadakan di Kediri, mengambil tema tentang budaya. . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 27 Agustus 2018 08:45
Aktivis Peneleh Surabaya Menyepakati Proyek Bersama

Rumahpeneleh.or.id, Surabaya- Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR) Surabaya berhasil menyusun proyek bersama, yang dinamai Wadoel (Wayahe Doelanan). Proyek ini berbasis temuan dan data penelitian yang dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya