Home/ Pendidikan / Berita

Rabu, 20 September 2017 09:16 WIB

Prodi Ekonomi Islam Undip dan FORDEBI  Selenggarakan Workshop Metodologi Penelitian dan Pengajaran Ekonomi Islam

Pemateri dan peserta berpose bersama usai workshop

PENELEHNEWS.COM, Semarang- Pada Selasa, 19 September 2017, Program Studi Ekonomi Islam Universitas Diponegoro bekerja sama dengan Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (RORDEBI) menyelenggarakan Workshop Metodologi Penelitian dan Pengajaran Ekonomi Islam.

Workshop ini menghadirkan Dr. Aji Dedi Mulawarman, ketua Yayasan Rumah Peneleh dan Ketua DPN FORDEBI,bDr. Ari Kamayanti, Direktur Eksekutif Peneleh Research Institute, serta Dr. Asfi Manzilati, Dosen Universitas Brawijaya & Penulis Buku Metodologi Kualitatif sebagai pemateri.

Workshop ini menekankan pada pentingnya membangun dan mengembangkan penelitian Ekonomi Islam yang berbasis pada Tauhid serta bagaimana membangun sekaligus mengimplementasikan metode pengajaran ekonomi islam yang berbasis tauhid, untuk membangun pendidikan berkebangsaan dan bereligiositas dalam rangka mewujudkan kesejahteraan semesta.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Gd. C Lt. 4, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro ini dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Sejumlah peserta tersebut berasal dari berbagai daerah, di antaranya Pare-pare, Samarinda, dan beberapa institusi Jawa Tengah.

Dalam workshop ini, peserta diajak untuk berlatih merancang penelitian yang berpihak untuk mencapai kesejahteraan semesta.

Baca Juga

 

sastra  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:27
DATUK

Oleh Soleh UG Datuk……. Tersenyumlah matahari sudah lama tak bersinar karena kau muram Datuk……. Tertawalah agar rembulan mampu menembus pekatnya malam Datuk……. Mari bernyanyi, agar rumput-rumput meranggas bersemi Datuk……. . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:26
Cerpen: Cinta Paimin Painem

Oleh Sholeh UG Nem…… Aku bukan Gibran yang pandai merangkai kata cinta menjadi cerita Aku bukan si gila Shakespeare yang memaknai cinta sebagai birahi Aku juga bukan Qays sang pengelana yang mencinta dengan mantra Nem…… Aku . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya