Home/ Berita Daerah / Berita

Minggu, 10 September 2017 19:41 WIB

Kabar Penilangan Pengguna Jalan Via CCTV  Resahkan Warga Yogyakarta

CCTV yang dipasang di lampu Lalu-lintas

Penelehnews.com - Yogyakarta, Beredarnya informasi di masyarakat mengenai penilangan lalu lintas di beberapa titik di Yogyakarta dengan CCTV meresahkan masyarakat Yogyakarta karena kabarnya yang masih simpang siur pada  Sabtu (9/9/2017).

Dalam kabar yang beredar, CCTV akan dipasang di tempat yang sering terjadi pelanggaran. Diantaranya yaitu, perempatan Wirobrajan, perempatan kantor pos dan perempatan Pojok Beteng Wetan.

Cara kerja via CCTV ini yaitu ketika lampu kuning menyala  sensor CCTV akan memperbesar dan akan terlihat jelas yang melanggar.  Tujuan pemasangan CCTV  tersebut adalah untuk menangkap secara detail visual para pelanggar lalulintas yang selanjutnya akan dilakukan penilangan elektronik dan dikirim ke alamat nomor kendaran. Dan kabarnya pula bahwa Pemkab DIY akan melakukan kerja sama dengan Satlantas Polda DIY, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Dinas Perhubungan.

Namun kabar ini masih simpang siur karena hanya beredar melalui media sosial dan belum ada pernyatan jelas yang berasal dari Pemkab Yogykarta.

Menurut pernyataan Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda DIY AKBP Latif Usman menuturkan bahwa penerapan sistem tilang berdasarkan kamera CCTV  rupanya sudah masuk dalam wacana kepolisian. Namun, semua itu tidak semudah yang dibayangkan karena bukan hanya sekedar kamera yang dibutuhkan, melainkan ada perangkat tambahan yang terintegrasi ke sebuah database kendaraan bermotor yang pada saat ini sedang dibangun.

kBingakum Polda DIY AKBP Heru Setiawan juga membantah akan diberlakukannya sistem tilang CCTV. "Belum sampai sistem itu, belum secanggih itu. Kita masih manual menual di lapangan, tapi kalau mau diberlakukan juga bagus karena akan menimbulkan efek jera," tuturnya.


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Selasa, 26 September 2017 05:47
Bus Kota tak Beroperasi, Pemkot Mataram Merugi 

PENELEHNEWS.COM, Mataram- Operasional Bus Rapid Transit (BRT) atau jalur khusus bus kota, hingga kini belum jelas. Dishub Pemkot Mataram pun merugi. Kendaraan bus yang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terlihat . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:39
Masyarakat Desa Sera Tengah Sumenep Peringati Bulan Moharrom dengan Tradisi Sorah

PENELEHNEWS.COM, Sumenep- Masyarakat Desa Sera Tengah, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, memperingati bulan Muharrom dengan tradisi Sorah, yaitu mengantarkan Ghenthar Sorah ke sanak famili dan tetangga dekat. Tradisi ini dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:21
IIBF Gelar Diskusi "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri".

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto - Indonesia Islamic Business Forum (IIBF) mengadakan kegiatan dengan tema "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri". Acara yang diselenggarakan di Pendopo Dirjo Putro Jl. Supriyadi no. 3 Purwokerto, Jawa . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:02
Bank Indonesia bersama Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas Selenggarakan Diskusi "Kemandirian Ekonomi Pesantren"

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto- Bank Indonesia (BI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas bekerjasama melakukan diskusi bertema "Kemandirian Ekonomi Pesantren". Acara tersebut dilaksanakan di Gedung BI Perwakilan Purwokerto, pada . . .
Selengkapnya

 

Humaniora  -  Minggu, 24 September 2017 08:06
Aktivis Peneleh Regional Jakarta dan Pos Solidaritas Umat LDK Syahid Adakan Kegiatan "Sehari Bersama Anak Kampung Pemulung", Ciputat Tangerang Selatan

PENELEHNEWS.COM, Tangerang- Aktivis Peneleh Regional Jakarta bekerja sama dengan Pos Solidaritas Umat (PSU) LDK Syahid akan mengadakan Bakti Sosial di Kampung Pemulung, Ciputat, Tangerang Selatan. Bakti sosial yang mengangkat . . .
Selengkapnya