Home/ Berita Daerah / Berita

Minggu, 10 September 2017 19:41 WIB

Kabar Penilangan Pengguna Jalan Via CCTV  Resahkan Warga Yogyakarta

CCTV yang dipasang di lampu Lalu-lintas

Penelehnews.com - Yogyakarta, Beredarnya informasi di masyarakat mengenai penilangan lalu lintas di beberapa titik di Yogyakarta dengan CCTV meresahkan masyarakat Yogyakarta karena kabarnya yang masih simpang siur pada  Sabtu (9/9/2017).

Dalam kabar yang beredar, CCTV akan dipasang di tempat yang sering terjadi pelanggaran. Diantaranya yaitu, perempatan Wirobrajan, perempatan kantor pos dan perempatan Pojok Beteng Wetan.

Cara kerja via CCTV ini yaitu ketika lampu kuning menyala  sensor CCTV akan memperbesar dan akan terlihat jelas yang melanggar.  Tujuan pemasangan CCTV  tersebut adalah untuk menangkap secara detail visual para pelanggar lalulintas yang selanjutnya akan dilakukan penilangan elektronik dan dikirim ke alamat nomor kendaran. Dan kabarnya pula bahwa Pemkab DIY akan melakukan kerja sama dengan Satlantas Polda DIY, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Dinas Perhubungan.

Namun kabar ini masih simpang siur karena hanya beredar melalui media sosial dan belum ada pernyatan jelas yang berasal dari Pemkab Yogykarta.

Menurut pernyataan Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda DIY AKBP Latif Usman menuturkan bahwa penerapan sistem tilang berdasarkan kamera CCTV  rupanya sudah masuk dalam wacana kepolisian. Namun, semua itu tidak semudah yang dibayangkan karena bukan hanya sekedar kamera yang dibutuhkan, melainkan ada perangkat tambahan yang terintegrasi ke sebuah database kendaraan bermotor yang pada saat ini sedang dibangun.

kBingakum Polda DIY AKBP Heru Setiawan juga membantah akan diberlakukannya sistem tilang CCTV. "Belum sampai sistem itu, belum secanggih itu. Kita masih manual menual di lapangan, tapi kalau mau diberlakukan juga bagus karena akan menimbulkan efek jera," tuturnya.


 

sastra  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:27
DATUK

Oleh Soleh UG Datuk……. Tersenyumlah matahari sudah lama tak bersinar karena kau muram Datuk……. Tertawalah agar rembulan mampu menembus pekatnya malam Datuk……. Mari bernyanyi, agar rumput-rumput meranggas bersemi Datuk……. . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:26
Cerpen: Cinta Paimin Painem

Oleh Sholeh UG Nem…… Aku bukan Gibran yang pandai merangkai kata cinta menjadi cerita Aku bukan si gila Shakespeare yang memaknai cinta sebagai birahi Aku juga bukan Qays sang pengelana yang mencinta dengan mantra Nem…… Aku . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya