Home/ Berita Daerah / Berita

Minggu, 10 September 2017 19:41 WIB

Kabar Penilangan Pengguna Jalan Via CCTV  Resahkan Warga Yogyakarta

CCTV yang dipasang di lampu Lalu-lintas

Penelehnews.com - Yogyakarta, Beredarnya informasi di masyarakat mengenai penilangan lalu lintas di beberapa titik di Yogyakarta dengan CCTV meresahkan masyarakat Yogyakarta karena kabarnya yang masih simpang siur pada  Sabtu (9/9/2017).

Dalam kabar yang beredar, CCTV akan dipasang di tempat yang sering terjadi pelanggaran. Diantaranya yaitu, perempatan Wirobrajan, perempatan kantor pos dan perempatan Pojok Beteng Wetan.

Cara kerja via CCTV ini yaitu ketika lampu kuning menyala  sensor CCTV akan memperbesar dan akan terlihat jelas yang melanggar.  Tujuan pemasangan CCTV  tersebut adalah untuk menangkap secara detail visual para pelanggar lalulintas yang selanjutnya akan dilakukan penilangan elektronik dan dikirim ke alamat nomor kendaran. Dan kabarnya pula bahwa Pemkab DIY akan melakukan kerja sama dengan Satlantas Polda DIY, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Dinas Perhubungan.

Namun kabar ini masih simpang siur karena hanya beredar melalui media sosial dan belum ada pernyatan jelas yang berasal dari Pemkab Yogykarta.

Menurut pernyataan Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda DIY AKBP Latif Usman menuturkan bahwa penerapan sistem tilang berdasarkan kamera CCTV  rupanya sudah masuk dalam wacana kepolisian. Namun, semua itu tidak semudah yang dibayangkan karena bukan hanya sekedar kamera yang dibutuhkan, melainkan ada perangkat tambahan yang terintegrasi ke sebuah database kendaraan bermotor yang pada saat ini sedang dibangun.

kBingakum Polda DIY AKBP Heru Setiawan juga membantah akan diberlakukannya sistem tilang CCTV. "Belum sampai sistem itu, belum secanggih itu. Kita masih manual menual di lapangan, tapi kalau mau diberlakukan juga bagus karena akan menimbulkan efek jera," tuturnya.


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

Kami datang. Kami datang dari seluruh penjuru Setiap penghalang revolusi kami terjang Kami Terjang (Nora, Kami Datang) Dinina-bobo-kannya Mahasiswa oleh Kisah Negeri Dongeng Heroisme kampus, pojok-pojok ruang . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 21:55
Diskusi Perdana Komunitas Pilar Muda di Rembug Kopi Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, pada Sabtu (21/10) Pilar Muda mengadakan Pilar Muda Talk #1 yang bertajuk ''Kedaulatan Bangsa di Era Digital'' di Kedai Kopi Jalan Veteran No.148 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini merupakan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 20:37
Rangkaian Agenda Bulan Oktober 2017 di Masjid Jogokariyan Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, lagi-lagi salah satu masjid kondang dan ternama di Yogyakarta menjadi magnet bagi pengunjung di sekitaran daerah Yogyakarta. Masjid ini menawarkan sebuah acara populis. Masjid Jogokariyan menyelenggarakan . . .
Selengkapnya