Home/ Berita Daerah / Berita

Minggu, 10 September 2017 19:25 WIB

Akibat Pembakaran Sampah, Surau dan Mushollah terbakar di Dusun Barat Gunung Kabupaten Pamekasan 

warga sedag bergotong royong membantu memadamkan api

Akibat pembakaran sampah, Surau dan Mushollah terbakar di Dusun Barat Gunung, Desa Sanadaja, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan (06/092017).  Bertempat di rumahnya Ustad Jailani, salah satu pemuka agama di di Dusun Barat Gunung.

Ahmad Hanafi, warga setempat memaparkan bahwa kebakaran berawal dari pembakaran sampah yang berada di samping Surau “Kebakaran terjadi berawal dari pembakaran sampah yang berada disamping Surau. Berawal dari ustad Jailani yang membakar sampah tepat berada disamping Surau dan Mushollah, karena angin sangat kencang dan cuaca sangat panas mengakibatkan mudahnya api mengalir ke Surau dan Musholla,” paparnya. 

Selain itu, Imam Hanafi juga memaparkan kronologi terbakarnya surau yang menjalar ke Musholla tersebut “Disamping tempat pembakaran sampah, ada banyak tumpukan kayu berserakan di bawah Surau. Karena mungkin sudah terbiasa membakar sampah ditempat itu dan dianggap aman  oleh Ustad Jailani. Maka dia tinggalkan pembakaran sampah tersebut, dan pergi ke kota Pamekasan.  “Ternyata api menjalar ke Surau dan Musholla  yang mengakibatkan terbakarnya kedua tempat ibadah ini” papar salah satu warga yang ikut memadamkan api pada jurnalis penelehnews.com.

Imam Hanafi menambahkan bahwa beliau masih bersyukur karena kebakaran tersebut tidak sampai  menghangusakan rumah dan sekolah yang ada disekitar Surau dan Musholla tersebut, “Untung saja warga sekitar cepat mengatahui kebakaran tersebut serta dengan sigap membantu memadamkan api tersebut, seandainya telat sampai setengah jam saja mungkin akan mengakibatkan terbakanya kediaman Ustad Jailani dan sekolah MTs Mansyaul Ulum, karena api benar-benar gede dan kami juga kesulitan air utuk memadamkan api tersebut,” tutupnya.

Alvai al-hamidi salah satu siswa MTs Mansyaul Ulum memaparkan bahwa temen-temannya sudah terbiasa membakar sampah di tempat itu “kami dan teman-teman sudah terbiasa membuang sampah ditempat itu, karena memang disitu tempat pembuangan sampah sekolah kami, lalu kami mambakarnya. tetapi entah kenapa, baru kali ini api bisa menjalar ke Surau sehingga juga mengakibatkan terbakarnya Mushollah disamping surau. Tutup Alvai

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Selasa, 26 September 2017 05:47
Bus Kota tak Beroperasi, Pemkot Mataram Merugi 

PENELEHNEWS.COM, Mataram- Operasional Bus Rapid Transit (BRT) atau jalur khusus bus kota, hingga kini belum jelas. Dishub Pemkot Mataram pun merugi. Kendaraan bus yang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terlihat . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:39
Masyarakat Desa Sera Tengah Sumenep Peringati Bulan Moharrom dengan Tradisi Sorah

PENELEHNEWS.COM, Sumenep- Masyarakat Desa Sera Tengah, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, memperingati bulan Muharrom dengan tradisi Sorah, yaitu mengantarkan Ghenthar Sorah ke sanak famili dan tetangga dekat. Tradisi ini dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:21
IIBF Gelar Diskusi "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri".

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto - Indonesia Islamic Business Forum (IIBF) mengadakan kegiatan dengan tema "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri". Acara yang diselenggarakan di Pendopo Dirjo Putro Jl. Supriyadi no. 3 Purwokerto, Jawa . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:02
Bank Indonesia bersama Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas Selenggarakan Diskusi "Kemandirian Ekonomi Pesantren"

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto- Bank Indonesia (BI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas bekerjasama melakukan diskusi bertema "Kemandirian Ekonomi Pesantren". Acara tersebut dilaksanakan di Gedung BI Perwakilan Purwokerto, pada . . .
Selengkapnya

 

Humaniora  -  Minggu, 24 September 2017 08:06
Aktivis Peneleh Regional Jakarta dan Pos Solidaritas Umat LDK Syahid Adakan Kegiatan "Sehari Bersama Anak Kampung Pemulung", Ciputat Tangerang Selatan

PENELEHNEWS.COM, Tangerang- Aktivis Peneleh Regional Jakarta bekerja sama dengan Pos Solidaritas Umat (PSU) LDK Syahid akan mengadakan Bakti Sosial di Kampung Pemulung, Ciputat, Tangerang Selatan. Bakti sosial yang mengangkat . . .
Selengkapnya