Home/ Berita Daerah / Berita

Minggu, 10 September 2017 19:25 WIB

Akibat Pembakaran Sampah, Surau dan Mushollah terbakar di Dusun Barat Gunung Kabupaten Pamekasan 

warga sedag bergotong royong membantu memadamkan api

Akibat pembakaran sampah, Surau dan Mushollah terbakar di Dusun Barat Gunung, Desa Sanadaja, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan (06/092017).  Bertempat di rumahnya Ustad Jailani, salah satu pemuka agama di di Dusun Barat Gunung.

Ahmad Hanafi, warga setempat memaparkan bahwa kebakaran berawal dari pembakaran sampah yang berada di samping Surau “Kebakaran terjadi berawal dari pembakaran sampah yang berada disamping Surau. Berawal dari ustad Jailani yang membakar sampah tepat berada disamping Surau dan Mushollah, karena angin sangat kencang dan cuaca sangat panas mengakibatkan mudahnya api mengalir ke Surau dan Musholla,” paparnya. 

Selain itu, Imam Hanafi juga memaparkan kronologi terbakarnya surau yang menjalar ke Musholla tersebut “Disamping tempat pembakaran sampah, ada banyak tumpukan kayu berserakan di bawah Surau. Karena mungkin sudah terbiasa membakar sampah ditempat itu dan dianggap aman  oleh Ustad Jailani. Maka dia tinggalkan pembakaran sampah tersebut, dan pergi ke kota Pamekasan.  “Ternyata api menjalar ke Surau dan Musholla  yang mengakibatkan terbakarnya kedua tempat ibadah ini” papar salah satu warga yang ikut memadamkan api pada jurnalis penelehnews.com.

Imam Hanafi menambahkan bahwa beliau masih bersyukur karena kebakaran tersebut tidak sampai  menghangusakan rumah dan sekolah yang ada disekitar Surau dan Musholla tersebut, “Untung saja warga sekitar cepat mengatahui kebakaran tersebut serta dengan sigap membantu memadamkan api tersebut, seandainya telat sampai setengah jam saja mungkin akan mengakibatkan terbakanya kediaman Ustad Jailani dan sekolah MTs Mansyaul Ulum, karena api benar-benar gede dan kami juga kesulitan air utuk memadamkan api tersebut,” tutupnya.

Alvai al-hamidi salah satu siswa MTs Mansyaul Ulum memaparkan bahwa temen-temannya sudah terbiasa membakar sampah di tempat itu “kami dan teman-teman sudah terbiasa membuang sampah ditempat itu, karena memang disitu tempat pembuangan sampah sekolah kami, lalu kami mambakarnya. tetapi entah kenapa, baru kali ini api bisa menjalar ke Surau sehingga juga mengakibatkan terbakarnya Mushollah disamping surau. Tutup Alvai

 

sastra  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:27
DATUK

Oleh Soleh UG Datuk. Tersenyumlah matahari sudah lama tak bersinar karena kau muram Datuk. Tertawalah agar rembulan mampu menembus pekatnya malam Datuk. Mari bernyanyi, agar rumput-rumput meranggas bersemi Datuk. . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:26
Cerpen: Cinta Paimin Painem

Oleh Sholeh UG Nem Aku bukan Gibran yang pandai merangkai kata cinta menjadi cerita Aku bukan si gila Shakespeare yang memaknai cinta sebagai birahi Aku juga bukan Qays sang pengelana yang mencinta dengan mantra Nem Aku . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya