Home/ Berita Daerah / Berita

Selasa, 05 September 2017 08:05 WIB

Terkena Dampak Kemara Panjang, Warga Dusun Ngenges, Praya Timur, NTB, Disuplai Air Bersih

PENELEHNEWS.COM, praya, Nusa Tenggara Barat- Dampak musim kemarau tahun ini mulai dirasakan warga Lombok Tengah, NTB. Sabtu kemarin (2/9), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Dusun Ngenges, Desa Ganti Kecamatan, Praya Timur. Puluhan warga terlihat tampak sabar menunggu giliran untuk diisikan air. Warga berbondong-bondong membawa wadah penampungan air, seperti ember, baskom, dan sejenisnya.

Kepala BPBD Lombok Tengah, H Muhammad mengatakan, penyuplaian air bersih ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Terutama masyarakat yang ketersediaan air bersihnya mulai menipis akibat kemarau tahun ini. "Tidak semua desa mengalami kekurangan air, tapi ada beberapa desa di Lombok Tengah yang perlu penanganan segera untuk mendapatkan air bersih,’’ bebernya, Sabtu kemarin (2/9).

Muhammad mengaku, kemarau tahun ini sudah hampir menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah. Terutama di Kecamatan Praya Timur dan Janaparia. Ketersediaan air bersih di wilayah ini sudah mulai menipis mengingat kurangnya sumber mata air.

Diakui Muhammad, kemarau tahun ini tak separah tahun-tahun sebelumnya. Dimana masyarakat juga sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya persediaan air bersih dengan membangun sumur bor. Sehingga ketersediaan air minum tak perlu dirisaukan. Tetapi, mereka mengalami kekurangan untuk kebutuhan lainnya, seperti mandi, cuci dan kakus (MCK) dan memasak. 

"Desa-desa yang membutuhkan pasokan air bersih musim kemarau tahun ini tidak sebanyak tahun lalu. Selain itu, kemarau juga diperkirakan tidak akan berlangsung lama. Karena cuaca juga terkadang sudah kelihatan mendung," tambahnya.

Disampaikannya juga, pihaknya sudah menyiapkan bantuan air bersih sebanyak 360 tangki. Masing-masing tangki berkapasitas 5.000 liter. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Dinas Sosial maupun pihak PDAM Lombok Tengah untuk sama-sama dalam mengatasi kekurangan air bersih yang melanda masyarakat tersebut. "Kita sudah ada tim yang langsung saling berkoordinasi, karena penyuplaian air ini juga tidak hanya dilakukan oleh BPBD tetapi ada juga dinas lain. Bahkan, jika nanti pasokan air sudah mulai kurang maka kami juga akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah provinsi untuk menanggulangi masalah air bersih ini," tambahnya.


 

sastra  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:27
DATUK

Oleh Soleh UG Datuk……. Tersenyumlah matahari sudah lama tak bersinar karena kau muram Datuk……. Tertawalah agar rembulan mampu menembus pekatnya malam Datuk……. Mari bernyanyi, agar rumput-rumput meranggas bersemi Datuk……. . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:26
Cerpen: Cinta Paimin Painem

Oleh Sholeh UG Nem…… Aku bukan Gibran yang pandai merangkai kata cinta menjadi cerita Aku bukan si gila Shakespeare yang memaknai cinta sebagai birahi Aku juga bukan Qays sang pengelana yang mencinta dengan mantra Nem…… Aku . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya