Home/ Berita Daerah / Berita

Selasa, 05 September 2017 08:05 WIB

Terkena Dampak Kemara Panjang, Warga Dusun Ngenges, Praya Timur, NTB, Disuplai Air Bersih

PENELEHNEWS.COM, praya, Nusa Tenggara Barat- Dampak musim kemarau tahun ini mulai dirasakan warga Lombok Tengah, NTB. Sabtu kemarin (2/9), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Dusun Ngenges, Desa Ganti Kecamatan, Praya Timur. Puluhan warga terlihat tampak sabar menunggu giliran untuk diisikan air. Warga berbondong-bondong membawa wadah penampungan air, seperti ember, baskom, dan sejenisnya.

Kepala BPBD Lombok Tengah, H Muhammad mengatakan, penyuplaian air bersih ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Terutama masyarakat yang ketersediaan air bersihnya mulai menipis akibat kemarau tahun ini. "Tidak semua desa mengalami kekurangan air, tapi ada beberapa desa di Lombok Tengah yang perlu penanganan segera untuk mendapatkan air bersih, bebernya, Sabtu kemarin (2/9).

Muhammad mengaku, kemarau tahun ini sudah hampir menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah. Terutama di Kecamatan Praya Timur dan Janaparia. Ketersediaan air bersih di wilayah ini sudah mulai menipis mengingat kurangnya sumber mata air.

Diakui Muhammad, kemarau tahun ini tak separah tahun-tahun sebelumnya. Dimana masyarakat juga sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya persediaan air bersih dengan membangun sumur bor. Sehingga ketersediaan air minum tak perlu dirisaukan. Tetapi, mereka mengalami kekurangan untuk kebutuhan lainnya, seperti mandi, cuci dan kakus (MCK) dan memasak. 

"Desa-desa yang membutuhkan pasokan air bersih musim kemarau tahun ini tidak sebanyak tahun lalu. Selain itu, kemarau juga diperkirakan tidak akan berlangsung lama. Karena cuaca juga terkadang sudah kelihatan mendung," tambahnya.

Disampaikannya juga, pihaknya sudah menyiapkan bantuan air bersih sebanyak 360 tangki. Masing-masing tangki berkapasitas 5.000 liter. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Dinas Sosial maupun pihak PDAM Lombok Tengah untuk sama-sama dalam mengatasi kekurangan air bersih yang melanda masyarakat tersebut. "Kita sudah ada tim yang langsung saling berkoordinasi, karena penyuplaian air ini juga tidak hanya dilakukan oleh BPBD tetapi ada juga dinas lain. Bahkan, jika nanti pasokan air sudah mulai kurang maka kami juga akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah provinsi untuk menanggulangi masalah air bersih ini," tambahnya.


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Selasa, 26 September 2017 05:47
Bus Kota tak Beroperasi, Pemkot Mataram Merugi 

PENELEHNEWS.COM, Mataram- Operasional Bus Rapid Transit (BRT) atau jalur khusus bus kota, hingga kini belum jelas. Dishub Pemkot Mataram pun merugi. Kendaraan bus yang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terlihat . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:39
Masyarakat Desa Sera Tengah Sumenep Peringati Bulan Moharrom dengan Tradisi Sorah

PENELEHNEWS.COM, Sumenep- Masyarakat Desa Sera Tengah, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, memperingati bulan Muharrom dengan tradisi Sorah, yaitu mengantarkan Ghenthar Sorah ke sanak famili dan tetangga dekat. Tradisi ini dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:21
IIBF Gelar Diskusi "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri".

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto - Indonesia Islamic Business Forum (IIBF) mengadakan kegiatan dengan tema "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri". Acara yang diselenggarakan di Pendopo Dirjo Putro Jl. Supriyadi no. 3 Purwokerto, Jawa . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:02
Bank Indonesia bersama Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas Selenggarakan Diskusi "Kemandirian Ekonomi Pesantren"

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto- Bank Indonesia (BI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas bekerjasama melakukan diskusi bertema "Kemandirian Ekonomi Pesantren". Acara tersebut dilaksanakan di Gedung BI Perwakilan Purwokerto, pada . . .
Selengkapnya

 

Humaniora  -  Minggu, 24 September 2017 08:06
Aktivis Peneleh Regional Jakarta dan Pos Solidaritas Umat LDK Syahid Adakan Kegiatan "Sehari Bersama Anak Kampung Pemulung", Ciputat Tangerang Selatan

PENELEHNEWS.COM, Tangerang- Aktivis Peneleh Regional Jakarta bekerja sama dengan Pos Solidaritas Umat (PSU) LDK Syahid akan mengadakan Bakti Sosial di Kampung Pemulung, Ciputat, Tangerang Selatan. Bakti sosial yang mengangkat . . .
Selengkapnya