Home/ Opini / Berita

Jumat, 01 September 2017 19:50 WIB

Narkoba Merusak Masa Depan Bangsa

Ilustrasi

Masa depan suatu bangsa dapat dilihat dari pemudanya. Jika pemudanya pandai dan mau berusaha maka masa depan negara tersebut terbilang dapat diharapkan. Cara pikir dan perilaku pun seiring dengan munculnya globalisasi maka akan semakin maju dan bersaing. Namun mirisnya akibat globalisasi yang tidak tersaring dengan baik, banyak hal - hal negative yang akhirya merusak generasi remaja di Indonesia. Hal-hal negatif itu bisa datang dari internet maupun dari pasar bebas. Salah satu dampak dari globalisasi yang sangat membahayakan adalah narkoba. Karena narkoba mampu merusak pemikiran dan menghilangkan jati diri remaja tersebut. Namun tidak hanya karena globalisasi yang semakin marak, pergaulan dan lingkungan juga mempengaruhi bagaimana seorang remaja berperilaku. 

Dapat diketahui bahwa usia remaja merupakan usia yang sangat rentan terpengaruh oleh hal - hal buruk jika pergaulannya tidak dijaga. Karena secara psikologis usia remaja merupakan usia dimana mencari jati diri, labil dan mudah terpengaruh. Motif penggunaan narkoba pun juga beragam, ,ulai dari pergaulan yang tidak benar, pelarian dari permasalahan, dijebak bahkan hanya karena rasa penasaran ingin tahu akan rasa dari narkoba tersebut. Akhir - akhir ini marak berita tentang artis yang terjerat kasus narkoba. Motifnya pun beragam, mulai jadi pengedar, pecandu dan juga pengepul barang haram tersebut. Kebanyakan dari mereka tertangkap ketika sedang melakukan pesta narkoba. Bahkan artis pretty azmara yang dahulunya sebagai duta narkoba pun akhirmya tertangkap juga saat melakukan pesta barang haram tersebut. 

Narkoba memang tidak mengenal umur. Bahkan jejaring pengedar narkoba pun dapat ditemukan di kelas Sekolah Menengah Atas. Lantas siapa yang harus disalahkan dalam hal ini? Pemerintah ataukah orang tua? Dalam menanggulangi permasalahan tersebut peran tenaga pendidik dan lingkungan yang baik juga sangat mempengaruhi bagaimana remaja itu akan bertindak. Pengetahuan mengenai bahaya narkoba tidak akan mempan tanpa adanya dorongan ataupun motivasi dari lingkungan untuk tidak melakukan hal tersebut. Namun nampaknya motif penggunan narkoba yang beragam menjadikan dilema masyarakat bagaimana cara menanggulangi narkoba yang benar. Meskipun terbilang sulit, pencegahan akan narkoba harus tetap dilakukan sedari dini. Mulai dari pengetahua mengenai bahaya narkoba, berhati-hati dalam bergaul dan yang terpenting adalah kontrol dari sendiri untuk berusaha menahan diri agar tidak terjerumus untuk mencicipi barang haram tersebut. 

Baca Juga

Opini
Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

 

Opini
Kamis, 05 Oktober 2017 11:09
Makna Tahun Baru bagi Indonesia 

 

Opini
Selasa, 03 Oktober 2017 05:18
Membangun Nasionalisme  Pemuda

 

Opini
Sabtu, 02 September 2017 19:48
Derita Dibalik Deru Laut dan Gerak Ikan

 

Opini
Jumat, 01 September 2017 19:59
Rekayasa Genetika dalam Bioetik Agama Islam

 

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

Kami datang. Kami datang dari seluruh penjuru Setiap penghalang revolusi kami terjang Kami Terjang (Nora, Kami Datang) Dinina-bobo-kannya Mahasiswa oleh Kisah Negeri Dongeng Heroisme kampus, pojok-pojok ruang . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 21:55
Diskusi Perdana Komunitas Pilar Muda di Rembug Kopi Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, pada Sabtu (21/10) Pilar Muda mengadakan Pilar Muda Talk #1 yang bertajuk ''Kedaulatan Bangsa di Era Digital'' di Kedai Kopi Jalan Veteran No.148 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini merupakan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 20:37
Rangkaian Agenda Bulan Oktober 2017 di Masjid Jogokariyan Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, lagi-lagi salah satu masjid kondang dan ternama di Yogyakarta menjadi magnet bagi pengunjung di sekitaran daerah Yogyakarta. Masjid ini menawarkan sebuah acara populis. Masjid Jogokariyan menyelenggarakan . . .
Selengkapnya