Home/ Opini / Berita

Kamis, 31 Agustus 2017 17:31 WIB

Indonesia Butuh Ideologi Baru?

Oleh Aulia Anugerah Intani


Bulan Agustus menjadi bulan yang membawa kebahagiaan bagi bangsa Indonesia. Namun juga menjadi bulan evaluasi bukan hanya bagi bangsa nya melainkan juga rakyatnya. Saat ini Indonesia memang tidak sedang di jajah secara fisik oleh Belanda maupun Jepang. Namun Indonesia sedang di jajah oleh rakyatnya sendiri. Mengapa?

Karena kadar toleransi rakyatnya seakan menurun atau bahkan hilang. Dengan arogan nya beberapa kalangan mengatakan bahwa Pancasila sudah tidak cocok lagi menjadi Ideologi bangsa ini. Mereka berniat mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi yang "dianggap" sesuai dengan kalangan mereka. Padahal amatilah bahwa sila-sila pancasila saling terkait dan melengkapi. Kepribadian dan karakteristik bangsa adalah intisari dari pancasila, menunjukkan bahwa pentingnya melihat ke dalam, berkaca pada keimanan, dan memperkuat jati diri atas siapa kita, sejarah kita, maka kita akan mampu mengenali potensi yang dimiliki bangsa ini untuk mengusahakan kesejahteraan, kemakmuran, dan keadilan yang menyeluruh bagi segenap bangsa Indonesia.

Lalu apakah ideologi sebuah negara perlu diganti untuk mengikuti perkembangan jaman? Jawabannya tentu tidak. Ideologi adalah tiang pancang berukuran kolosal yang dibangun diatas pengorbanan, darah, keringat, dan penderitaan rakyat. Artinya, pancasila memenuhi unsur tersebut.

Pancasila dirumuskan dengan hati-hati, dengan pikiran yang bersih dan jernih, ungkapan jiwa terdalam, dan berpandangan luas serta jauh kedepan. Bila masa depan itu telah jauh-jauh diraba oleh penggagas ideologi bangsa, berarti nilai-nilai dalam ideologi itu tak akan binasa dimangsa zaman. Pendeknya, kandungan nilai-nilai itu tahan zaman dan tidak lapuk hanya karena bentangan waktu dan perubahan. 

Sehingga bukan tentang Ideologi nya yang harus di ubah melainkan kita sebagai rakyatnya yang harus menyesuaikan ideologi bangsa ini.

Baca Juga

Opini
Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

 

Opini
Kamis, 05 Oktober 2017 11:09
Makna Tahun Baru bagi Indonesia 

 

Opini
Selasa, 03 Oktober 2017 05:18
Membangun Nasionalisme  Pemuda

 

Opini
Sabtu, 02 September 2017 19:48
Derita Dibalik Deru Laut dan Gerak Ikan

 

Opini
Jumat, 01 September 2017 19:59
Rekayasa Genetika dalam Bioetik Agama Islam

 

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

Kami datang. Kami datang dari seluruh penjuru Setiap penghalang revolusi kami terjang Kami Terjang (Nora, Kami Datang) Dinina-bobo-kannya Mahasiswa oleh Kisah Negeri Dongeng Heroisme kampus, pojok-pojok ruang . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 21:55
Diskusi Perdana Komunitas Pilar Muda di Rembug Kopi Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, pada Sabtu (21/10) Pilar Muda mengadakan Pilar Muda Talk #1 yang bertajuk ''Kedaulatan Bangsa di Era Digital'' di Kedai Kopi Jalan Veteran No.148 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini merupakan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 20:37
Rangkaian Agenda Bulan Oktober 2017 di Masjid Jogokariyan Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, lagi-lagi salah satu masjid kondang dan ternama di Yogyakarta menjadi magnet bagi pengunjung di sekitaran daerah Yogyakarta. Masjid ini menawarkan sebuah acara populis. Masjid Jogokariyan menyelenggarakan . . .
Selengkapnya