Home/ Ekonomi / Berita

Rabu, 30 Agustus 2017 09:08 WIB

Pemerintah Desa Keselet Lombok Timur Sosialisasi Pembentukan BUMDes Desa Keselet 2018

PENELEHNEWS.COM, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat-  Tim KKN Universitas Mataram (UNRAM) 2017 bersama pemerintah Desa Keselet Lombok Timur melakukan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Minggu (27/08/2017) kemarin. Sosialisasi tersebut berlangsung di Kantor Desa Keselet, yang dihadiri oleh ketua RT, Camat Sakra, Pemateri BUMDes Kabupaten Lombok Timur serta tamu undangan.


Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Keselet yang didampingi oleh sekretaris desa. Kepala Desa dalam pengarahan singkatnya menyampaikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didirikan dengan pertimbangan inisiatif pemerintah desa dan masyarakat desa dan harus memiliki beberapa potensi usaha masyarakat desa.


"Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri," kata Kepala Desa Keselet, Masud Jamil, S.E. saat ditemui di Kantor Desa Keselet.


"Melalui Sosisalisasi BUMDES  ini diharapkan mampu memberikan output berupa buku pedoman BUMDes yang nantinya akan diusulkan ke Kabupaten Lombok Timur yang dapat menjadikan Desa Keselet sebagi Desa rujukan BUMDes untuk tahun 2018," paparnya.


Hal yang sama dikatakan oleh ketua Tim KKN UNRAM 2017, Egar Chandra. Ia mengatkan bahwa dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan pengembangan BUMDes dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, "serta memberikan inspirasi baru bagi Desa lain dalam pengembangan BUMDdes," jelasnya.


Warga Desa Keselet banyak bergerak dalam sektor pertanian. Tanaman tembakau merupakan komoditi utama di desa ini. Banyaknya pengusaha tembakau di Desa Keselet yang belum memiliki menejemen yang baik dalam mengelola usahanya. Oleh karena itu diharapkannya para pengusaha dan petani tembakau dapat bekerjasama dengan pemerintah desa dalam upaya pembentukan manajemen usaha melalui adanya BUMDes tersebut. Mengingat tembakau Desa Keselet merupakan salah satu tembakau terbaik dan banyak diburu konsumen di NTB.


"Dengan kesempatan yang baik ini marilah kita sama-sama meningkatkan kualitas masyarakat dalam upaya mewujudkan perubahan yang lebih baik lagi dengan cara memperdayakan Sumber Daya Alam(SDA) dan fasilitas-fasilitas yang ada dalam lingkungan seperti membuat usaha-usaha lainnya. Kita mesti menggali potensi desa dengan Sumber Daya Manusia (SDM),' pungkas Kades Keselet.

Baca Juga

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 22 Januari 2018 08:57
Balada Zaman, Krisis Teologi Al-Alaq!!!

Nampaknya zaman telah berubah. Revolusi digital ditandai dengan adanya media sosial menghubungkan manusia dengan apa yang disebut symbolic environment oleh Manuel Castells. Ketika realitas kehidupan kita dapat dikonstruksi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya