Home/ Ekonomi / Berita

Rabu, 30 Agustus 2017 09:08 WIB

Pemerintah Desa Keselet Lombok Timur Sosialisasi Pembentukan BUMDes Desa Keselet 2018

PENELEHNEWS.COM, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat-  Tim KKN Universitas Mataram (UNRAM) 2017 bersama pemerintah Desa Keselet Lombok Timur melakukan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Minggu (27/08/2017) kemarin. Sosialisasi tersebut berlangsung di Kantor Desa Keselet, yang dihadiri oleh ketua RT, Camat Sakra, Pemateri BUMDes Kabupaten Lombok Timur serta tamu undangan.


Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Keselet yang didampingi oleh sekretaris desa. Kepala Desa dalam pengarahan singkatnya menyampaikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didirikan dengan pertimbangan inisiatif pemerintah desa dan masyarakat desa dan harus memiliki beberapa potensi usaha masyarakat desa.


"Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri," kata Kepala Desa Keselet, Masud Jamil, S.E. saat ditemui di Kantor Desa Keselet.


"Melalui Sosisalisasi BUMDES  ini diharapkan mampu memberikan output berupa buku pedoman BUMDes yang nantinya akan diusulkan ke Kabupaten Lombok Timur yang dapat menjadikan Desa Keselet sebagi Desa rujukan BUMDes untuk tahun 2018," paparnya.


Hal yang sama dikatakan oleh ketua Tim KKN UNRAM 2017, Egar Chandra. Ia mengatkan bahwa dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan pengembangan BUMDes dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, "serta memberikan inspirasi baru bagi Desa lain dalam pengembangan BUMDdes," jelasnya.


Warga Desa Keselet banyak bergerak dalam sektor pertanian. Tanaman tembakau merupakan komoditi utama di desa ini. Banyaknya pengusaha tembakau di Desa Keselet yang belum memiliki menejemen yang baik dalam mengelola usahanya. Oleh karena itu diharapkannya para pengusaha dan petani tembakau dapat bekerjasama dengan pemerintah desa dalam upaya pembentukan manajemen usaha melalui adanya BUMDes tersebut. Mengingat tembakau Desa Keselet merupakan salah satu tembakau terbaik dan banyak diburu konsumen di NTB.


"Dengan kesempatan yang baik ini marilah kita sama-sama meningkatkan kualitas masyarakat dalam upaya mewujudkan perubahan yang lebih baik lagi dengan cara memperdayakan Sumber Daya Alam(SDA) dan fasilitas-fasilitas yang ada dalam lingkungan seperti membuat usaha-usaha lainnya. Kita mesti menggali potensi desa dengan Sumber Daya Manusia (SDM),' pungkas Kades Keselet.

Baca Juga

 

Politik  -  Sabtu, 20 April 2019 12:06

Penelehnews.com, Singosari- Angka dan Statistik mulai dipertanyakan keabsahannya secara moral hari-hari ini, begitu selesai pencoblosan dalam rangka pemilihan umum serentak untuk memilih Presiden, anggota Legislatif, dan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 20 April 2019 12:04
Aktivis Peneleh Surabaya Bedah Tema Sekolah Aktivis 

Penelehnews.com, Sidoarjo- Tanggal 19-21 April 2018, Aktivis Peneleh Regional Surabaya melangsungkan Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR). Agenda ini dilaksanakan di Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, diikuti oleh aktivis dari . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 08 Januari 2019 16:10
Englishopedia, Tempat Kursus Bahasa Inggris Gratis di Jogja

Penelehnews.com, Jogja- Mendapatkan pendidikan yang layak sebagai warga negara adalah hal yang sangat utama dalam menjalani hidup terutama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa mendatang. Dalam hidup ini setiap . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 06 Desember 2018 04:17
STRATEGI RAMPUNGKAN SKRIPSI ALA HUMANIORA

Oleh : Destri Andriani Skripsi menjadi cemilan yang paling mengenyangkan bagi mahasiswa perguruan tinggi di tingkat akhir. Apapun strata sosialnya, cantik ataupun gantengnya, aktif atau tidak di organisasinya, rajin ataupun malasnya, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya