Home/ Ekonomi / Berita

Rabu, 30 Agustus 2017 09:08 WIB

Pemerintah Desa Keselet Lombok Timur Sosialisasi Pembentukan BUMDes Desa Keselet 2018

PENELEHNEWS.COM, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat-  Tim KKN Universitas Mataram (UNRAM) 2017 bersama pemerintah Desa Keselet Lombok Timur melakukan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Minggu (27/08/2017) kemarin. Sosialisasi tersebut berlangsung di Kantor Desa Keselet, yang dihadiri oleh ketua RT, Camat Sakra, Pemateri BUMDes Kabupaten Lombok Timur serta tamu undangan.


Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Keselet yang didampingi oleh sekretaris desa. Kepala Desa dalam pengarahan singkatnya menyampaikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didirikan dengan pertimbangan inisiatif pemerintah desa dan masyarakat desa dan harus memiliki beberapa potensi usaha masyarakat desa.


"Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri," kata Kepala Desa Keselet, Masud Jamil, S.E. saat ditemui di Kantor Desa Keselet.


"Melalui Sosisalisasi BUMDES  ini diharapkan mampu memberikan output berupa buku pedoman BUMDes yang nantinya akan diusulkan ke Kabupaten Lombok Timur yang dapat menjadikan Desa Keselet sebagi Desa rujukan BUMDes untuk tahun 2018," paparnya.


Hal yang sama dikatakan oleh ketua Tim KKN UNRAM 2017, Egar Chandra. Ia mengatkan bahwa dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan pengembangan BUMDes dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, "serta memberikan inspirasi baru bagi Desa lain dalam pengembangan BUMDdes," jelasnya.


Warga Desa Keselet banyak bergerak dalam sektor pertanian. Tanaman tembakau merupakan komoditi utama di desa ini. Banyaknya pengusaha tembakau di Desa Keselet yang belum memiliki menejemen yang baik dalam mengelola usahanya. Oleh karena itu diharapkannya para pengusaha dan petani tembakau dapat bekerjasama dengan pemerintah desa dalam upaya pembentukan manajemen usaha melalui adanya BUMDes tersebut. Mengingat tembakau Desa Keselet merupakan salah satu tembakau terbaik dan banyak diburu konsumen di NTB.


"Dengan kesempatan yang baik ini marilah kita sama-sama meningkatkan kualitas masyarakat dalam upaya mewujudkan perubahan yang lebih baik lagi dengan cara memperdayakan Sumber Daya Alam(SDA) dan fasilitas-fasilitas yang ada dalam lingkungan seperti membuat usaha-usaha lainnya. Kita mesti menggali potensi desa dengan Sumber Daya Manusia (SDM),' pungkas Kades Keselet.

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Selasa, 26 September 2017 05:47
Bus Kota tak Beroperasi, Pemkot Mataram Merugi 

PENELEHNEWS.COM, Mataram- Operasional Bus Rapid Transit (BRT) atau jalur khusus bus kota, hingga kini belum jelas. Dishub Pemkot Mataram pun merugi. Kendaraan bus yang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terlihat . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:39
Masyarakat Desa Sera Tengah Sumenep Peringati Bulan Moharrom dengan Tradisi Sorah

PENELEHNEWS.COM, Sumenep- Masyarakat Desa Sera Tengah, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, memperingati bulan Muharrom dengan tradisi Sorah, yaitu mengantarkan Ghenthar Sorah ke sanak famili dan tetangga dekat. Tradisi ini dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:21
IIBF Gelar Diskusi "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri".

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto - Indonesia Islamic Business Forum (IIBF) mengadakan kegiatan dengan tema "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri". Acara yang diselenggarakan di Pendopo Dirjo Putro Jl. Supriyadi no. 3 Purwokerto, Jawa . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:02
Bank Indonesia bersama Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas Selenggarakan Diskusi "Kemandirian Ekonomi Pesantren"

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto- Bank Indonesia (BI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas bekerjasama melakukan diskusi bertema "Kemandirian Ekonomi Pesantren". Acara tersebut dilaksanakan di Gedung BI Perwakilan Purwokerto, pada . . .
Selengkapnya

 

Humaniora  -  Minggu, 24 September 2017 08:06
Aktivis Peneleh Regional Jakarta dan Pos Solidaritas Umat LDK Syahid Adakan Kegiatan "Sehari Bersama Anak Kampung Pemulung", Ciputat Tangerang Selatan

PENELEHNEWS.COM, Tangerang- Aktivis Peneleh Regional Jakarta bekerja sama dengan Pos Solidaritas Umat (PSU) LDK Syahid akan mengadakan Bakti Sosial di Kampung Pemulung, Ciputat, Tangerang Selatan. Bakti sosial yang mengangkat . . .
Selengkapnya