Home/ Ekonomi / Berita

Rabu, 30 Agustus 2017 09:08 WIB

Pemerintah Desa Keselet Lombok Timur Sosialisasi Pembentukan BUMDes Desa Keselet 2018

PENELEHNEWS.COM, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat-  Tim KKN Universitas Mataram (UNRAM) 2017 bersama pemerintah Desa Keselet Lombok Timur melakukan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Minggu (27/08/2017) kemarin. Sosialisasi tersebut berlangsung di Kantor Desa Keselet, yang dihadiri oleh ketua RT, Camat Sakra, Pemateri BUMDes Kabupaten Lombok Timur serta tamu undangan.


Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Keselet yang didampingi oleh sekretaris desa. Kepala Desa dalam pengarahan singkatnya menyampaikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didirikan dengan pertimbangan inisiatif pemerintah desa dan masyarakat desa dan harus memiliki beberapa potensi usaha masyarakat desa.


"Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes sebagai suatu lembaga ekonomi modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri," kata Kepala Desa Keselet, Masud Jamil, S.E. saat ditemui di Kantor Desa Keselet.


"Melalui Sosisalisasi BUMDES  ini diharapkan mampu memberikan output berupa buku pedoman BUMDes yang nantinya akan diusulkan ke Kabupaten Lombok Timur yang dapat menjadikan Desa Keselet sebagi Desa rujukan BUMDes untuk tahun 2018," paparnya.


Hal yang sama dikatakan oleh ketua Tim KKN UNRAM 2017, Egar Chandra. Ia mengatkan bahwa dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan pengembangan BUMDes dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, "serta memberikan inspirasi baru bagi Desa lain dalam pengembangan BUMDdes," jelasnya.


Warga Desa Keselet banyak bergerak dalam sektor pertanian. Tanaman tembakau merupakan komoditi utama di desa ini. Banyaknya pengusaha tembakau di Desa Keselet yang belum memiliki menejemen yang baik dalam mengelola usahanya. Oleh karena itu diharapkannya para pengusaha dan petani tembakau dapat bekerjasama dengan pemerintah desa dalam upaya pembentukan manajemen usaha melalui adanya BUMDes tersebut. Mengingat tembakau Desa Keselet merupakan salah satu tembakau terbaik dan banyak diburu konsumen di NTB.


"Dengan kesempatan yang baik ini marilah kita sama-sama meningkatkan kualitas masyarakat dalam upaya mewujudkan perubahan yang lebih baik lagi dengan cara memperdayakan Sumber Daya Alam(SDA) dan fasilitas-fasilitas yang ada dalam lingkungan seperti membuat usaha-usaha lainnya. Kita mesti menggali potensi desa dengan Sumber Daya Manusia (SDM),' pungkas Kades Keselet.

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 24 Juli 2018 08:02
PENDAFTARAN PESERTA PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (DIKSARNAS) : SEKOLAH AKTIVIS PENELEH KE - VI

"Berjuang memang melelahkan, terjal, dan penuh kesedihan, tetapi itu hanyalah riak dan buih. Berjuang asasi pasti penuh keindahan, tanpa keluhan berarti, ketika kita mampu menjadi ombak yang menggulung lautan..."_(Dr. Aji Dedi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Jumat, 13 Juli 2018 14:57
Aktivis Peneleh Regional Kediri diundang sebagai komunitas peduli budaya dalam acara Seminar Budaya Panji Nusantara: Kearifan Budaya Panji Pemersatu Nusantara

Dalam acara ini hadir pembicara:1.Prof.Dr. Aris Munandar, M.Hum2. Rudi irawanto, S.Pd, M.Sn3. Drs. Eko Ediyono, M.Hum .Aktivis peneleh regional kediri bersama 19 komunitas lain peduli sejarah memamerkan beberapa kegiatan pelestarian . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Jumat, 06 Juli 2018 10:29
Generasi Muda Harus Melek Sejarah

Oleh Nurul Aini, Aktivis Peneleh Regional MaduraPeristiwa-peristiwa lampau yang dialami oleh leluhur tampaknya telah hilang diingatan masyarakatnya. Laiknya sejarah, tidak boleh begitu saja terlepas dari peradaban modern. Upaya . . .
Selengkapnya