Home/ Ekonomi / Berita

Rabu, 30 Agustus 2017 07:06 WIB

Tiga Hari Menjelang Hari Raya Idul Adha, Harga Ayam Kampung di Pasar Bluto Sumenep Merangkak Naik

PENELEHNEWS.COM, Sumenep- Tiga hari menjelang hari raya Idul Adha, harga ayam kampung di pasar Bluto, pasar mingguan di Kecamatan Bluto, Sumenep, merangkak naik. Biasanya harga ayam yang kisaran seratus ribu menjadi seratus dua puluh ribu rupiah.

Tidak ada patokan pasti harga ayam kampung di pasar Bluto yang terletak di sebelah barat jalan raya Kabupaten Sumenep, hanya saja, sebagaimana yang diakui oleh Pak Lan bahwa harga ayam kampung naik karena preman (momen hari-hari besar), dari harga ayam yang biasanya berkisaran seratus ribu naik menjadi ke kisaran seratus dua puluh ribu.

"Yee biasanah seratosan lah (ya biasanya (ayam yang telah laku seratus dua puluh ribu) kisaran seratus ribu)," ungkapnya kepada penelehnews.com di tengah-tengah pedagang ayam, Selasa (29 /08 /2017).

Menurut pak Nahrawi, pedagang ayam kampung di pasar Bluto, hal ini dipicu karena harga belinya juga mahal ke pemilik/pemelihara ayam kampung.

"mun reng adhageng, cong, keng tangha'nah larang (kalau pedagang, nak, karena harga belinya mahal," jelasnya di Pasar Bluto saat memasarkan ayam-ayamnya, Selasa (29 /08 /2017).

Menyikapi masalah kenaikan harga ayam kampung ini, Tibliyah, pembeli, menyikapi biasa saja, "ya tak tao, palengan polanah osom pesse, je' sabbenah se bulan poasa tak ngak rea, palengan polanah osom bhako (ya gak tatahu juga, mungkin karena musim uang, dulu pas bulan puasa tidak seperti ini, mungkin karena musim tembakau)," terangnya.

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 24 Juli 2018 08:02
PENDAFTARAN PESERTA PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (DIKSARNAS) : SEKOLAH AKTIVIS PENELEH KE - VI

"Berjuang memang melelahkan, terjal, dan penuh kesedihan, tetapi itu hanyalah riak dan buih. Berjuang asasi pasti penuh keindahan, tanpa keluhan berarti, ketika kita mampu menjadi ombak yang menggulung lautan..."_(Dr. Aji Dedi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Jumat, 13 Juli 2018 14:57
Aktivis Peneleh Regional Kediri diundang sebagai komunitas peduli budaya dalam acara Seminar Budaya Panji Nusantara: Kearifan Budaya Panji Pemersatu Nusantara

Dalam acara ini hadir pembicara:1.Prof.Dr. Aris Munandar, M.Hum2. Rudi irawanto, S.Pd, M.Sn3. Drs. Eko Ediyono, M.Hum .Aktivis peneleh regional kediri bersama 19 komunitas lain peduli sejarah memamerkan beberapa kegiatan pelestarian . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Jumat, 06 Juli 2018 10:29
Generasi Muda Harus Melek Sejarah

Oleh Nurul Aini, Aktivis Peneleh Regional MaduraPeristiwa-peristiwa lampau yang dialami oleh leluhur tampaknya telah hilang diingatan masyarakatnya. Laiknya sejarah, tidak boleh begitu saja terlepas dari peradaban modern. Upaya . . .
Selengkapnya