Home/ Humaniora / Berita

Rabu, 09 Agustus 2017 08:05 WIB

Sayang! Situs Batu Tumpang Ini Tak Dapat Perhatian dari Pemerintah Bogor

PENELEHNEWS.COM, Bogor- Desa Galuga, yang terletak di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki situs bersejarah yang dinamakan Batu Tumpang. Situs tersebut berada di atas Gunung Galuga dan menjadi salah satu destinasi wisata. Tetapi, sayangnya, masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

Menurut Rohanah, pengunjung situs, situs Batu Tumpang ini kurang ter-ekspos  karena kurangnya perhatian dari pemerintah, "dapat kita lihat dari kondisi jalan menuju Batu Tumpang yang kondisinya belum memadai," terangnya.

Kondisi jalan menuju lokasi situs tersebut menanjak dan tidak difasilitasi oleh pemerintah. Tekstur tanah yang berwarna merah di Gunung tersebut pun sulit untuk dilintasi pengunjung.

Batu tumpang merupakan sebuah batu berukuran besar yang bertumpu pada sebuah batu yang ukurannya lebih kecil dan terletak di bawah pohon.

Menurut Asda, penjaga situs Batu Tumpang, Batu Tumpang pernah dijatuhkan menggunakan alat besar karena dikhawatirkan dapat mencelakai warga yang melintas di sekitar Gunung tersebut. Namun, Asda menjelaskan, situs Batu Tumpang itu memiliki mitos, yaitu pernah dua kali dijatuhkan, tetapi naik lagi ke atas. Sehingga sampai saat ini, batu tumpang tidak pernah dijatuhkan lagi. Dengan demikian, situs Batu Tumpang dijadikan situs bersejarah di Desa Galuga.


 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 22 Januari 2018 08:57
Balada Zaman, Krisis Teologi Al-Alaq!!!

Nampaknya zaman telah berubah. Revolusi digital ditandai dengan adanya media sosial menghubungkan manusia dengan apa yang disebut symbolic environment oleh Manuel Castells. Ketika realitas kehidupan kita dapat dikonstruksi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya