Home/ Humaniora / Berita

Rabu, 09 Agustus 2017 08:05 WIB

Sayang! Situs Batu Tumpang Ini Tak Dapat Perhatian dari Pemerintah Bogor

PENELEHNEWS.COM, Bogor- Desa Galuga, yang terletak di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki situs bersejarah yang dinamakan Batu Tumpang. Situs tersebut berada di atas Gunung Galuga dan menjadi salah satu destinasi wisata. Tetapi, sayangnya, masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

Menurut Rohanah, pengunjung situs, situs Batu Tumpang ini kurang ter-ekspos  karena kurangnya perhatian dari pemerintah, "dapat kita lihat dari kondisi jalan menuju Batu Tumpang yang kondisinya belum memadai," terangnya.

Kondisi jalan menuju lokasi situs tersebut menanjak dan tidak difasilitasi oleh pemerintah. Tekstur tanah yang berwarna merah di Gunung tersebut pun sulit untuk dilintasi pengunjung.

Batu tumpang merupakan sebuah batu berukuran besar yang bertumpu pada sebuah batu yang ukurannya lebih kecil dan terletak di bawah pohon.

Menurut Asda, penjaga situs Batu Tumpang, Batu Tumpang pernah dijatuhkan menggunakan alat besar karena dikhawatirkan dapat mencelakai warga yang melintas di sekitar Gunung tersebut. Namun, Asda menjelaskan, situs Batu Tumpang itu memiliki mitos, yaitu pernah dua kali dijatuhkan, tetapi naik lagi ke atas. Sehingga sampai saat ini, batu tumpang tidak pernah dijatuhkan lagi. Dengan demikian, situs Batu Tumpang dijadikan situs bersejarah di Desa Galuga.


 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 24 Juli 2018 08:02
PENDAFTARAN PESERTA PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (DIKSARNAS) : SEKOLAH AKTIVIS PENELEH KE - VI

"Berjuang memang melelahkan, terjal, dan penuh kesedihan, tetapi itu hanyalah riak dan buih. Berjuang asasi pasti penuh keindahan, tanpa keluhan berarti, ketika kita mampu menjadi ombak yang menggulung lautan..."_(Dr. Aji Dedi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Jumat, 13 Juli 2018 14:57
Aktivis Peneleh Regional Kediri diundang sebagai komunitas peduli budaya dalam acara Seminar Budaya Panji Nusantara: Kearifan Budaya Panji Pemersatu Nusantara

Dalam acara ini hadir pembicara:1.Prof.Dr. Aris Munandar, M.Hum2. Rudi irawanto, S.Pd, M.Sn3. Drs. Eko Ediyono, M.Hum .Aktivis peneleh regional kediri bersama 19 komunitas lain peduli sejarah memamerkan beberapa kegiatan pelestarian . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Jumat, 06 Juli 2018 10:29
Generasi Muda Harus Melek Sejarah

Oleh Nurul Aini, Aktivis Peneleh Regional MaduraPeristiwa-peristiwa lampau yang dialami oleh leluhur tampaknya telah hilang diingatan masyarakatnya. Laiknya sejarah, tidak boleh begitu saja terlepas dari peradaban modern. Upaya . . .
Selengkapnya