Home/ Humaniora / Berita

Rabu, 09 Agustus 2017 08:05 WIB

Sayang! Situs Batu Tumpang Ini Tak Dapat Perhatian dari Pemerintah Bogor

PENELEHNEWS.COM, Bogor- Desa Galuga, yang terletak di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki situs bersejarah yang dinamakan Batu Tumpang. Situs tersebut berada di atas Gunung Galuga dan menjadi salah satu destinasi wisata. Tetapi, sayangnya, masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

Menurut Rohanah, pengunjung situs, situs Batu Tumpang ini kurang ter-ekspos  karena kurangnya perhatian dari pemerintah, "dapat kita lihat dari kondisi jalan menuju Batu Tumpang yang kondisinya belum memadai," terangnya.

Kondisi jalan menuju lokasi situs tersebut menanjak dan tidak difasilitasi oleh pemerintah. Tekstur tanah yang berwarna merah di Gunung tersebut pun sulit untuk dilintasi pengunjung.

Batu tumpang merupakan sebuah batu berukuran besar yang bertumpu pada sebuah batu yang ukurannya lebih kecil dan terletak di bawah pohon.

Menurut Asda, penjaga situs Batu Tumpang, Batu Tumpang pernah dijatuhkan menggunakan alat besar karena dikhawatirkan dapat mencelakai warga yang melintas di sekitar Gunung tersebut. Namun, Asda menjelaskan, situs Batu Tumpang itu memiliki mitos, yaitu pernah dua kali dijatuhkan, tetapi naik lagi ke atas. Sehingga sampai saat ini, batu tumpang tidak pernah dijatuhkan lagi. Dengan demikian, situs Batu Tumpang dijadikan situs bersejarah di Desa Galuga.


 

sastra  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:27
DATUK

Oleh Soleh UG Datuk……. Tersenyumlah matahari sudah lama tak bersinar karena kau muram Datuk……. Tertawalah agar rembulan mampu menembus pekatnya malam Datuk……. Mari bernyanyi, agar rumput-rumput meranggas bersemi Datuk……. . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 05 Juni 2018 09:26
Cerpen: Cinta Paimin Painem

Oleh Sholeh UG Nem…… Aku bukan Gibran yang pandai merangkai kata cinta menjadi cerita Aku bukan si gila Shakespeare yang memaknai cinta sebagai birahi Aku juga bukan Qays sang pengelana yang mencinta dengan mantra Nem…… Aku . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya