Home/ Politik / Berita

Senin, 07 Agustus 2017 19:51 WIB

Tidak Dapat Aliran Irigasi, Petani Di Desa Sri Rejosari Tidak Tanam Padi

PENELEHNEWS.COM, Lampung Timur- Petani Padi di Desa Sri Rejosari, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, tidak dapat menanam padi pada musim tanam kali ini. Hal tersebut disebabkan sawah milik mereka tidak mendapatkan sumber pengairan yang berasal dari irigasi setempat.

Menurut Topa, petani di Desa Sri rejosar, aluran irigasi yang biasanya digunakan oleh petani padi setempat saat ini sedang dialihkan ke arah timur. Sebab, lanjutnya, petani padi di Desa Sri rejosari ini sudah mendapatkan jatah pengairan bagi sawah mereka pada musim tanam sebelumnya, "Desa Braja Sakti sampai terus tembus keujung timur. Kita sudah dapat aliran air pas musim tanam yang kemaren, jadi sekarang gentian," ujar kepada penelehnews.com Minggu (6/8/2017).

Meski demikian, sebagian kecil petani ada yang menanam dengan menggunakan sumber pengairan dari sungai kecil dipinggir sawah, yang dulu memang menjadi sumber pengairan jika tidak mendapat pengairan dari irigasi atau pada saat musim kemarau.

"Ada yang tanam tapi hanya beberapa petak aja, airnya dari kali disamping sawah. Dulu memang kalau ga dapet irigasi atau kemarau airnya dari kali ini. Tapi sekarang gak bisa lagi karena kalinya udah cetek," tambahnya.

Petani berharap ada solusi dari pemerintah supaya mereka tidak terlalu dirugikan atas permasalahan ini. Mereka berharap setidaknya harga gabah bagus dan sungai atau kali di sekitar sawah jadi alternatif kembali pengairan irigasi mereka, "semoga pemerintah bisa kasih solusi dan kalo bisa harga gabah gak jelek jadi kita gak rugi. Kalau bisa sih ya kali dipinggir sawah diperbaiki lagi," tutupnya


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Selasa, 26 September 2017 05:47
Bus Kota tak Beroperasi, Pemkot Mataram Merugi 

PENELEHNEWS.COM, Mataram- Operasional Bus Rapid Transit (BRT) atau jalur khusus bus kota, hingga kini belum jelas. Dishub Pemkot Mataram pun merugi. Kendaraan bus yang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terlihat . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:39
Masyarakat Desa Sera Tengah Sumenep Peringati Bulan Moharrom dengan Tradisi Sorah

PENELEHNEWS.COM, Sumenep- Masyarakat Desa Sera Tengah, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, memperingati bulan Muharrom dengan tradisi Sorah, yaitu mengantarkan Ghenthar Sorah ke sanak famili dan tetangga dekat. Tradisi ini dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:21
IIBF Gelar Diskusi "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri".

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto - Indonesia Islamic Business Forum (IIBF) mengadakan kegiatan dengan tema "Juguran Peradaban Hijrah untuk Negeri". Acara yang diselenggarakan di Pendopo Dirjo Putro Jl. Supriyadi no. 3 Purwokerto, Jawa . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 25 September 2017 05:02
Bank Indonesia bersama Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas Selenggarakan Diskusi "Kemandirian Ekonomi Pesantren"

PENELEHNEWS.COM, Purwokerto- Bank Indonesia (BI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah Banyumas bekerjasama melakukan diskusi bertema "Kemandirian Ekonomi Pesantren". Acara tersebut dilaksanakan di Gedung BI Perwakilan Purwokerto, pada . . .
Selengkapnya

 

Humaniora  -  Minggu, 24 September 2017 08:06
Aktivis Peneleh Regional Jakarta dan Pos Solidaritas Umat LDK Syahid Adakan Kegiatan "Sehari Bersama Anak Kampung Pemulung", Ciputat Tangerang Selatan

PENELEHNEWS.COM, Tangerang- Aktivis Peneleh Regional Jakarta bekerja sama dengan Pos Solidaritas Umat (PSU) LDK Syahid akan mengadakan Bakti Sosial di Kampung Pemulung, Ciputat, Tangerang Selatan. Bakti sosial yang mengangkat . . .
Selengkapnya