Home/ Politik / Berita

Senin, 07 Agustus 2017 19:51 WIB

Tidak Dapat Aliran Irigasi, Petani Di Desa Sri Rejosari Tidak Tanam Padi

PENELEHNEWS.COM, Lampung Timur- Petani Padi di Desa Sri Rejosari, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, tidak dapat menanam padi pada musim tanam kali ini. Hal tersebut disebabkan sawah milik mereka tidak mendapatkan sumber pengairan yang berasal dari irigasi setempat.

Menurut Topa, petani di Desa Sri rejosar, aluran irigasi yang biasanya digunakan oleh petani padi setempat saat ini sedang dialihkan ke arah timur. Sebab, lanjutnya, petani padi di Desa Sri rejosari ini sudah mendapatkan jatah pengairan bagi sawah mereka pada musim tanam sebelumnya, "Desa Braja Sakti sampai terus tembus keujung timur. Kita sudah dapat aliran air pas musim tanam yang kemaren, jadi sekarang gentian," ujar kepada penelehnews.com Minggu (6/8/2017).

Meski demikian, sebagian kecil petani ada yang menanam dengan menggunakan sumber pengairan dari sungai kecil dipinggir sawah, yang dulu memang menjadi sumber pengairan jika tidak mendapat pengairan dari irigasi atau pada saat musim kemarau.

"Ada yang tanam tapi hanya beberapa petak aja, airnya dari kali disamping sawah. Dulu memang kalau ga dapet irigasi atau kemarau airnya dari kali ini. Tapi sekarang gak bisa lagi karena kalinya udah cetek," tambahnya.

Petani berharap ada solusi dari pemerintah supaya mereka tidak terlalu dirugikan atas permasalahan ini. Mereka berharap setidaknya harga gabah bagus dan sungai atau kali di sekitar sawah jadi alternatif kembali pengairan irigasi mereka, "semoga pemerintah bisa kasih solusi dan kalo bisa harga gabah gak jelek jadi kita gak rugi. Kalau bisa sih ya kali dipinggir sawah diperbaiki lagi," tutupnya


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 30 Oktober 2017 15:13
Demokrasi dan Bui untuk Kami

Kami datang. Kami datang dari seluruh penjuru Setiap penghalang revolusi kami terjang Kami Terjang (Nora, Kami Datang) Dinina-bobo-kannya Mahasiswa oleh Kisah Negeri Dongeng Heroisme kampus, pojok-pojok ruang . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 21:55
Diskusi Perdana Komunitas Pilar Muda di Rembug Kopi Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, pada Sabtu (21/10) Pilar Muda mengadakan Pilar Muda Talk #1 yang bertajuk ''Kedaulatan Bangsa di Era Digital'' di Kedai Kopi Jalan Veteran No.148 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini merupakan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 21 Oktober 2017 20:37
Rangkaian Agenda Bulan Oktober 2017 di Masjid Jogokariyan Yogyakarta 

Penelehnews.com - Sleman, lagi-lagi salah satu masjid kondang dan ternama di Yogyakarta menjadi magnet bagi pengunjung di sekitaran daerah Yogyakarta. Masjid ini menawarkan sebuah acara populis. Masjid Jogokariyan menyelenggarakan . . .
Selengkapnya