Home/ Politik / Berita

Senin, 07 Agustus 2017 19:51 WIB

Tidak Dapat Aliran Irigasi, Petani Di Desa Sri Rejosari Tidak Tanam Padi

PENELEHNEWS.COM, Lampung Timur- Petani Padi di Desa Sri Rejosari, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, tidak dapat menanam padi pada musim tanam kali ini. Hal tersebut disebabkan sawah milik mereka tidak mendapatkan sumber pengairan yang berasal dari irigasi setempat.

Menurut Topa, petani di Desa Sri rejosar, aluran irigasi yang biasanya digunakan oleh petani padi setempat saat ini sedang dialihkan ke arah timur. Sebab, lanjutnya, petani padi di Desa Sri rejosari ini sudah mendapatkan jatah pengairan bagi sawah mereka pada musim tanam sebelumnya, "Desa Braja Sakti sampai terus tembus keujung timur. Kita sudah dapat aliran air pas musim tanam yang kemaren, jadi sekarang gentian," ujar kepada penelehnews.com Minggu (6/8/2017).

Meski demikian, sebagian kecil petani ada yang menanam dengan menggunakan sumber pengairan dari sungai kecil dipinggir sawah, yang dulu memang menjadi sumber pengairan jika tidak mendapat pengairan dari irigasi atau pada saat musim kemarau.

"Ada yang tanam tapi hanya beberapa petak aja, airnya dari kali disamping sawah. Dulu memang kalau ga dapet irigasi atau kemarau airnya dari kali ini. Tapi sekarang gak bisa lagi karena kalinya udah cetek," tambahnya.

Petani berharap ada solusi dari pemerintah supaya mereka tidak terlalu dirugikan atas permasalahan ini. Mereka berharap setidaknya harga gabah bagus dan sungai atau kali di sekitar sawah jadi alternatif kembali pengairan irigasi mereka, "semoga pemerintah bisa kasih solusi dan kalo bisa harga gabah gak jelek jadi kita gak rugi. Kalau bisa sih ya kali dipinggir sawah diperbaiki lagi," tutupnya


Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 24 Juli 2018 08:02
PENDAFTARAN PESERTA PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (DIKSARNAS) : SEKOLAH AKTIVIS PENELEH KE - VI

"Berjuang memang melelahkan, terjal, dan penuh kesedihan, tetapi itu hanyalah riak dan buih. Berjuang asasi pasti penuh keindahan, tanpa keluhan berarti, ketika kita mampu menjadi ombak yang menggulung lautan..."_(Dr. Aji Dedi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Jumat, 13 Juli 2018 14:57
Aktivis Peneleh Regional Kediri diundang sebagai komunitas peduli budaya dalam acara Seminar Budaya Panji Nusantara: Kearifan Budaya Panji Pemersatu Nusantara

Dalam acara ini hadir pembicara:1.Prof.Dr. Aris Munandar, M.Hum2. Rudi irawanto, S.Pd, M.Sn3. Drs. Eko Ediyono, M.Hum .Aktivis peneleh regional kediri bersama 19 komunitas lain peduli sejarah memamerkan beberapa kegiatan pelestarian . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Jumat, 06 Juli 2018 10:29
Generasi Muda Harus Melek Sejarah

Oleh Nurul Aini, Aktivis Peneleh Regional MaduraPeristiwa-peristiwa lampau yang dialami oleh leluhur tampaknya telah hilang diingatan masyarakatnya. Laiknya sejarah, tidak boleh begitu saja terlepas dari peradaban modern. Upaya . . .
Selengkapnya