Home/ Politik / Berita

Senin, 07 Agustus 2017 19:51 WIB

Tidak Dapat Aliran Irigasi, Petani Di Desa Sri Rejosari Tidak Tanam Padi

PENELEHNEWS.COM, Lampung Timur- Petani Padi di Desa Sri Rejosari, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, tidak dapat menanam padi pada musim tanam kali ini. Hal tersebut disebabkan sawah milik mereka tidak mendapatkan sumber pengairan yang berasal dari irigasi setempat.

Menurut Topa, petani di Desa Sri rejosar, aluran irigasi yang biasanya digunakan oleh petani padi setempat saat ini sedang dialihkan ke arah timur. Sebab, lanjutnya, petani padi di Desa Sri rejosari ini sudah mendapatkan jatah pengairan bagi sawah mereka pada musim tanam sebelumnya, "Desa Braja Sakti sampai terus tembus keujung timur. Kita sudah dapat aliran air pas musim tanam yang kemaren, jadi sekarang gentian," ujar kepada penelehnews.com Minggu (6/8/2017).

Meski demikian, sebagian kecil petani ada yang menanam dengan menggunakan sumber pengairan dari sungai kecil dipinggir sawah, yang dulu memang menjadi sumber pengairan jika tidak mendapat pengairan dari irigasi atau pada saat musim kemarau.

"Ada yang tanam tapi hanya beberapa petak aja, airnya dari kali disamping sawah. Dulu memang kalau ga dapet irigasi atau kemarau airnya dari kali ini. Tapi sekarang gak bisa lagi karena kalinya udah cetek," tambahnya.

Petani berharap ada solusi dari pemerintah supaya mereka tidak terlalu dirugikan atas permasalahan ini. Mereka berharap setidaknya harga gabah bagus dan sungai atau kali di sekitar sawah jadi alternatif kembali pengairan irigasi mereka, "semoga pemerintah bisa kasih solusi dan kalo bisa harga gabah gak jelek jadi kita gak rugi. Kalau bisa sih ya kali dipinggir sawah diperbaiki lagi," tutupnya


Baca Juga

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 22 Januari 2018 08:57
Balada Zaman, Krisis Teologi Al-Alaq!!!

Nampaknya zaman telah berubah. Revolusi digital ditandai dengan adanya media sosial menghubungkan manusia dengan apa yang disebut symbolic environment oleh Manuel Castells. Ketika realitas kehidupan kita dapat dikonstruksi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 22 November 2017 05:40
LDK Syahid Jadikan Masjid Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sebagai Pusat Peradaban

PENELEHNEWS.COMTangerang (21/11) LDK Syahid akan menjadikan masjid kampus yang dikenal dengan masjid Al-Jamiah sebagai pusat peradaban kampus. Hal ini didukung dengan pernyataan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Dede Rosyada, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 30 Oktober 2017 16:28
LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Kampus

LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bentuk Akhlakul Karimah dengan Gerakan Ajak Kebaikan di Lingkungan Penelehnews.com - Tangerang. LDK Syahid terus memunculkan program-program kerja terutama terkait dengan keislaman . . .
Selengkapnya