Home/ Politik / Berita

Senin, 07 Agustus 2017 19:51 WIB

Tidak Dapat Aliran Irigasi, Petani Di Desa Sri Rejosari Tidak Tanam Padi

PENELEHNEWS.COM, Lampung Timur- Petani Padi di Desa Sri Rejosari, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, tidak dapat menanam padi pada musim tanam kali ini. Hal tersebut disebabkan sawah milik mereka tidak mendapatkan sumber pengairan yang berasal dari irigasi setempat.

Menurut Topa, petani di Desa Sri rejosar, aluran irigasi yang biasanya digunakan oleh petani padi setempat saat ini sedang dialihkan ke arah timur. Sebab, lanjutnya, petani padi di Desa Sri rejosari ini sudah mendapatkan jatah pengairan bagi sawah mereka pada musim tanam sebelumnya, "Desa Braja Sakti sampai terus tembus keujung timur. Kita sudah dapat aliran air pas musim tanam yang kemaren, jadi sekarang gentian," ujar kepada penelehnews.com Minggu (6/8/2017).

Meski demikian, sebagian kecil petani ada yang menanam dengan menggunakan sumber pengairan dari sungai kecil dipinggir sawah, yang dulu memang menjadi sumber pengairan jika tidak mendapat pengairan dari irigasi atau pada saat musim kemarau.

"Ada yang tanam tapi hanya beberapa petak aja, airnya dari kali disamping sawah. Dulu memang kalau ga dapet irigasi atau kemarau airnya dari kali ini. Tapi sekarang gak bisa lagi karena kalinya udah cetek," tambahnya.

Petani berharap ada solusi dari pemerintah supaya mereka tidak terlalu dirugikan atas permasalahan ini. Mereka berharap setidaknya harga gabah bagus dan sungai atau kali di sekitar sawah jadi alternatif kembali pengairan irigasi mereka, "semoga pemerintah bisa kasih solusi dan kalo bisa harga gabah gak jelek jadi kita gak rugi. Kalau bisa sih ya kali dipinggir sawah diperbaiki lagi," tutupnya


Baca Juga

 

Politik  -  Sabtu, 20 April 2019 12:06

Penelehnews.com, Singosari- Angka dan Statistik mulai dipertanyakan keabsahannya secara moral hari-hari ini, begitu selesai pencoblosan dalam rangka pemilihan umum serentak untuk memilih Presiden, anggota Legislatif, dan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 20 April 2019 12:04
Aktivis Peneleh Surabaya Bedah Tema Sekolah Aktivis 

Penelehnews.com, Sidoarjo- Tanggal 19-21 April 2018, Aktivis Peneleh Regional Surabaya melangsungkan Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR). Agenda ini dilaksanakan di Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, diikuti oleh aktivis dari . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 08 Januari 2019 16:10
Englishopedia, Tempat Kursus Bahasa Inggris Gratis di Jogja

Penelehnews.com, Jogja- Mendapatkan pendidikan yang layak sebagai warga negara adalah hal yang sangat utama dalam menjalani hidup terutama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa mendatang. Dalam hidup ini setiap . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 06 Desember 2018 04:17
STRATEGI RAMPUNGKAN SKRIPSI ALA HUMANIORA

Oleh : Destri Andriani Skripsi menjadi cemilan yang paling mengenyangkan bagi mahasiswa perguruan tinggi di tingkat akhir. Apapun strata sosialnya, cantik ataupun gantengnya, aktif atau tidak di organisasinya, rajin ataupun malasnya, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya