Home/ Ekonomi / Berita

Sabtu, 08 Juli 2017 09:00 WIB

Petani Tembakau Sumenep Optimis Hasil Panen akan Bagus

Penelehnews.com, Sumenep- Firdaus, petani tembakau asal Desa Sera Timur, Sumenep, mengaku optimis dengan hasil panennya.

"Optimis itu harus, tetapi kalau tembakau tidak bisa dijamin keberhasilan panennya, terutama ditentukan di hari yang satu itu (saat penjemuran), kalau sudah kering, baru bisa ditafsir hasilnya," jawab Firdaus, petani yang menanam seribu lima ratus pohon di Desa Karangcempaka itu kepada penelehnews.com, Jum'at (07/07/2017)

Rasa optimis juga dirasakan oleh Wahid, petani asal Desa Ging-Ging yang menanam lima ribu pohon tembakau. Ia optimis karena sejauh sampai saat ini, katanya, tembakau yang ia tanam tumbuh dengan sempurna tanpa ada hambatan, cuaca mendudung, air dan pupuk mencukupi, tidak seperti tahun lalu, cuaca buruk.

"Ya Alhamdulillah, sejauh sampai saat ini lancar-lancar saja, tembakau saya tumbuh bagus, dan akan dipanen pada bulan September nanti," jawab Wahid menggunakan bahasa Madura saat ditemui Penelehnews.com di Desa Ging-Ging, Rabu (05/07/2017).

Tidak jauh berbeda dengan tembakau milik keluarga Hafifi, petani tembakau asal Desa Sera Barat. Ia beserta keluarga menanam sekitar empat ribu pohon tembakau. Hafifi mengatakan tidak ada rintangan yang begitu signifikan dari tembakaunya kecuali masalah biasa.

"Sejauh ini tidak ada kendala yang begitu berarti, kecuali ulat saja, . . . hal itu wajar terhadap tembakau," jawabnya menggunakan bahasa Madura kepada Penelehnews.com, Rabu (05/06/2017).

Berbeda dengan keluarga Rifqi Hidayatullah, petani asal Desa Errabu. Rifqi mengatakan daun tembakaunya kurang bagus dikarenakan dihujani selama tiga hari.

"Gak tahu ya kalau punya saya, tembakau punya saya daunnya _krekko'_(daunnya mengkerut) karena dihujani selama tiga hari, masih ada yang bagus, tetapi sedikit sekali," ungkapnya dengan raut muka sedih saat menjawab pertanyaan wartawan Penelehnews.com, Rabu (05/07/2017).

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Selasa, 20 Maret 2018 16:28
Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Madura Sepakati Proyek Bersama

Penelehnews.com, Bangkalan- Aktivis Peneleh Regional Madura dengan sukses telah menyelesaikan Sekolah Aktivis Peneleh Regional Madura. Program yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan di Yayasan Ibnu Sabil, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 27 Februari 2018 21:29
Peneleh Research Institute Libatkan Diri bersama Masyarakat Desa Sukopuro

Rumahpeneleh.or.id, Kabupaten Malang- Selama 2 tahun, Peneleh Research Institute melibatkan diri bersama masyarakat Desa Sukopuro, kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Riset berpihak tidak hanya menghasilkan riset induktif . . .
Selengkapnya

 

 -  Rabu, 31 Januari 2018 23:47
Ruang Baca Mojo, Taman Baca Masyarakat di SoloPeran Pemuda dalam Meningkatkan Minat Baca

"Bacalah dan Tuhan-mu Yang Maha Pemurah. Yang telah mengajarkan manusia dengan pena. Yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang tidak diketahuinya," Q.S. Al-Alaq, 3-5. Sejak Maret 2016, Najwa Shihab, jurnalis senior Indonesia, . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Senin, 22 Januari 2018 08:57
Balada Zaman, Krisis Teologi Al-Alaq!!!

Nampaknya zaman telah berubah. Revolusi digital ditandai dengan adanya media sosial menghubungkan manusia dengan apa yang disebut symbolic environment oleh Manuel Castells. Ketika realitas kehidupan kita dapat dikonstruksi . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 25 November 2017 13:33
LDK Syahid Sukses Adakan Kajian Internasional Bersama Syekh dari Palestina

PENELEHNEWS.COM Tangerang (23/11)LDK Syahid bersama dengan LDK Al-Birru STEI SEBI adakan kajian Internasional bertemakan Mengenal Palestina Lebih Dekat pada Kamis, 23 November 2017 lalu di Masjid Fatullah. Kajian Internasional . . .
Selengkapnya