Home/ Ekonomi / Berita

Sabtu, 08 Juli 2017 09:00 WIB

Petani Tembakau Sumenep Optimis Hasil Panen akan Bagus

Penelehnews.com, Sumenep- Firdaus, petani tembakau asal Desa Sera Timur, Sumenep, mengaku optimis dengan hasil panennya.

"Optimis itu harus, tetapi kalau tembakau tidak bisa dijamin keberhasilan panennya, terutama ditentukan di hari yang satu itu (saat penjemuran), kalau sudah kering, baru bisa ditafsir hasilnya," jawab Firdaus, petani yang menanam seribu lima ratus pohon di Desa Karangcempaka itu kepada penelehnews.com, Jum'at (07/07/2017)

Rasa optimis juga dirasakan oleh Wahid, petani asal Desa Ging-Ging yang menanam lima ribu pohon tembakau. Ia optimis karena sejauh sampai saat ini, katanya, tembakau yang ia tanam tumbuh dengan sempurna tanpa ada hambatan, cuaca mendudung, air dan pupuk mencukupi, tidak seperti tahun lalu, cuaca buruk.

"Ya Alhamdulillah, sejauh sampai saat ini lancar-lancar saja, tembakau saya tumbuh bagus, dan akan dipanen pada bulan September nanti," jawab Wahid menggunakan bahasa Madura saat ditemui Penelehnews.com di Desa Ging-Ging, Rabu (05/07/2017).

Tidak jauh berbeda dengan tembakau milik keluarga Hafifi, petani tembakau asal Desa Sera Barat. Ia beserta keluarga menanam sekitar empat ribu pohon tembakau. Hafifi mengatakan tidak ada rintangan yang begitu signifikan dari tembakaunya kecuali masalah biasa.

"Sejauh ini tidak ada kendala yang begitu berarti, kecuali ulat saja, . . . hal itu wajar terhadap tembakau," jawabnya menggunakan bahasa Madura kepada Penelehnews.com, Rabu (05/06/2017).

Berbeda dengan keluarga Rifqi Hidayatullah, petani asal Desa Errabu. Rifqi mengatakan daun tembakaunya kurang bagus dikarenakan dihujani selama tiga hari.

"Gak tahu ya kalau punya saya, tembakau punya saya daunnya _krekko'_(daunnya mengkerut) karena dihujani selama tiga hari, masih ada yang bagus, tetapi sedikit sekali," ungkapnya dengan raut muka sedih saat menjawab pertanyaan wartawan Penelehnews.com, Rabu (05/07/2017).

Baca Juga

 

Politik  -  Sabtu, 20 April 2019 12:06

Penelehnews.com, Singosari- Angka dan Statistik mulai dipertanyakan keabsahannya secara moral hari-hari ini, begitu selesai pencoblosan dalam rangka pemilihan umum serentak untuk memilih Presiden, anggota Legislatif, dan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 20 April 2019 12:04
Aktivis Peneleh Surabaya Bedah Tema Sekolah Aktivis 

Penelehnews.com, Sidoarjo- Tanggal 19-21 April 2018, Aktivis Peneleh Regional Surabaya melangsungkan Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR). Agenda ini dilaksanakan di Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, diikuti oleh aktivis dari . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Selasa, 08 Januari 2019 16:10
Englishopedia, Tempat Kursus Bahasa Inggris Gratis di Jogja

Penelehnews.com, Jogja- Mendapatkan pendidikan yang layak sebagai warga negara adalah hal yang sangat utama dalam menjalani hidup terutama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa mendatang. Dalam hidup ini setiap . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 06 Desember 2018 04:17
STRATEGI RAMPUNGKAN SKRIPSI ALA HUMANIORA

Oleh : Destri Andriani Skripsi menjadi cemilan yang paling mengenyangkan bagi mahasiswa perguruan tinggi di tingkat akhir. Apapun strata sosialnya, cantik ataupun gantengnya, aktif atau tidak di organisasinya, rajin ataupun malasnya, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya