Home/ Ekonomi / Berita

Sabtu, 08 Juli 2017 09:00 WIB

Petani Tembakau Sumenep Optimis Hasil Panen akan Bagus

Penelehnews.com, Sumenep- Firdaus, petani tembakau asal Desa Sera Timur, Sumenep, mengaku optimis dengan hasil panennya.

"Optimis itu harus, tetapi kalau tembakau tidak bisa dijamin keberhasilan panennya, terutama ditentukan di hari yang satu itu (saat penjemuran), kalau sudah kering, baru bisa ditafsir hasilnya," jawab Firdaus, petani yang menanam seribu lima ratus pohon di Desa Karangcempaka itu kepada penelehnews.com, Jum'at (07/07/2017)

Rasa optimis juga dirasakan oleh Wahid, petani asal Desa Ging-Ging yang menanam lima ribu pohon tembakau. Ia optimis karena sejauh sampai saat ini, katanya, tembakau yang ia tanam tumbuh dengan sempurna tanpa ada hambatan, cuaca mendudung, air dan pupuk mencukupi, tidak seperti tahun lalu, cuaca buruk.

"Ya Alhamdulillah, sejauh sampai saat ini lancar-lancar saja, tembakau saya tumbuh bagus, dan akan dipanen pada bulan September nanti," jawab Wahid menggunakan bahasa Madura saat ditemui Penelehnews.com di Desa Ging-Ging, Rabu (05/07/2017).

Tidak jauh berbeda dengan tembakau milik keluarga Hafifi, petani tembakau asal Desa Sera Barat. Ia beserta keluarga menanam sekitar empat ribu pohon tembakau. Hafifi mengatakan tidak ada rintangan yang begitu signifikan dari tembakaunya kecuali masalah biasa.

"Sejauh ini tidak ada kendala yang begitu berarti, kecuali ulat saja, . . . hal itu wajar terhadap tembakau," jawabnya menggunakan bahasa Madura kepada Penelehnews.com, Rabu (05/06/2017).

Berbeda dengan keluarga Rifqi Hidayatullah, petani asal Desa Errabu. Rifqi mengatakan daun tembakaunya kurang bagus dikarenakan dihujani selama tiga hari.

"Gak tahu ya kalau punya saya, tembakau punya saya daunnya _krekko'_(daunnya mengkerut) karena dihujani selama tiga hari, masih ada yang bagus, tetapi sedikit sekali," ungkapnya dengan raut muka sedih saat menjawab pertanyaan wartawan Penelehnews.com, Rabu (05/07/2017).

Baca Juga

 

Berita Daerah  -  Rabu, 05 September 2018 14:11
Dr. Ari Kamayanti Isi Materi di FGD Politeknik Imigrasi

Penelehnews.com, Malang- Dr. Ari Kamayanti, Peneliti Senior Peneleh Research Institute, memberi materi di acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Politeknik Imigrasi.Acara yang bertema Pengembangan Kurikulum, Akreditasi, . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Selasa, 28 Agustus 2018 14:31
Pendaftaran Peneleh Youth Volunteer Camp IV Blitar

Penelehnews.com, Blitar- Peneleh Youth Volunteer Camp (PYVC) kembali membuka pendaftaran peserta. Kali ini, PYVC akan diselenggarakan di Blitar, Jawa Timur.Sebelumnya, PYVC III yang diadakan di Kediri, mengambil tema tentang budaya. . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Senin, 27 Agustus 2018 08:45
Aktivis Peneleh Surabaya Menyepakati Proyek Bersama

Rumahpeneleh.or.id, Surabaya- Peserta Sekolah Aktivis Peneleh Regional (SAPR) Surabaya berhasil menyusun proyek bersama, yang dinamai Wadoel (Wayahe Doelanan). Proyek ini berbasis temuan dan data penelitian yang dilakukan . . .
Selengkapnya

 

Berita Daerah  -  Sabtu, 11 Agustus 2018 10:12
Pengumuman Peserta Peneleh Youth Volunteer Camp III 

Penelehnews.com, Kediri- Berikut nama-nama calon peserta yang berhak mengikuti seluruh rangkaian Program PYVC III Kediri.PYVC adalah salah satu jalur pengkaderan yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Peneleh. Di PYVC ini fokus pada . . .
Selengkapnya

 

 -  Selasa, 07 Agustus 2018 17:13
Pendaftaran Peserta Sekolah Relawan Riset Peneleh 5 Palu

Pendaftaran Peserta Relawan Riset Peneleh 5.Peneleh Research Institute bersama Universitas Muhammadiyah Palu mengajak bapak, ibu, saudara/i untuk mengikuti program riset berpihak yang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 20-23 . . .
Selengkapnya